Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SD Kota Bogor 2017/2018

$alt
Ilustrasi : indormasi pendaftaran dan seleksi PPDB 2017/2018 Kota bogor melalui www.kotabogor.siap-ppdb.com

Kota Bogor telah menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Secara On Line melalui media internet. Sistem ini memungkinkan para pendaftar memonitor jalannya proses pendaftaran dan seleksi melalui kanal PPDB 2017/2018 dengan alamat www.kotabogor.siap-ppdb.com. Sistem ini diyakini akan mempermudah proses pendaftaran dan seleksi baik bagi Dinas Pendidikan Kota Bogor, sekolah negeri dan swasta yang terdaftar, serta orang tua calon murid. Informasi realtime serta terhindar dari praktik pungli adalah salah satu aspek yang ditawarkan oleh sistem ini.

Ada dua jenis sekolah baik negeri maupun swasta yang dapat diakses melalui kanal www.kotabogor.siap-ppdb.com. Pertama adalah Sekolah Dasar (SD) sebagai salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kedua adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan dasar. Kedua jenis pendidikan dasar tersebut terfasilitasi oleh sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online supaya lebih mudah terakses, dan lebih rapi dalam hal administrasi pendaftaran.

Adanya sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online terbukti mempermudah prosedur pendaftaran sekolah.  Adapun persyaratan yang dibutuhkan para orang tua calosn siswa adalah :

  1. Usia diutamakan 6 (enam) tahun dan atau lebih pada tanggal 1 Juli 2017.
  2. Menyerahkan formulir pendaftaran (F-1) yang telah diisi dan menyertakan:
  3. Akte Kelahiran/Surat Tanda Kenal Lahir/Surat Keterangan Kelahiran Asli;
  4. Fotocopy Kartu Keluarga dengan menunjukkan yang aslinya, jika kartu keluarga tidak sesuai dengan tempat tinggal maka harus melampirkan surat keterangan domisili dari RT yang  diketahui RW dan kelurahan;

Sementara itu, mekanisme seleksi calon siswa antara lain :

  1. Apabila jumlah pendaftar Calon Peserta Didik Baru melebihi daya tampung, seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan usia dan domisili calon peserta didik;
  2. Jika usia sama maka Proses seleksi dilakukan berdasarkan domisili Calon Peserta Didik, dengan diperingkat berdasarkan RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Dalam Kota dan Luar Kota.

Kuota untuk penerimaan peserta didik baru asal domisili Kota Bogor paling sedikit 90% dan luar Kota Bogor paling banyak 10% dari jumlah daya tampung yang direncanakan sekolah, apabila peserta didik baru asal domisili Kota Bogor kurang dari 90% dapat ditambah dari luar Kota Bogor sehingga daya tampung terpenuhi sesuai yang direncanakan sekolah. Perlu diketahui bahwa untuk SD Negeri memiliki jumlah peserta didik dalam setiap rombongan belajar  maksimal 32 (tiga puluh dua), atau sesuai daya tampung. Sementara untuk SD Swasta memiliki jumlah peserta didik dalam setiap rombongan belajar  maksimal 36 (tiga puluh enam), atau sesuai daya tampung.

Disamping memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas, para orang tua juga perlu memperhatikan jadwal pendaftaran ke sekolah tujuan, yaitu :

1. Pendaftaram ke SD tujuan tanggal 29 - 31 Mei 2017 pukul 08:00 - 14:00 WIB

2. Pengumuman Hasil Seleksi Akhir tanggal 2 Juni 2017 pukul 08:00 - 14:00 WIB

3. Daftar ulang :

  • SD Negeri : Tanggal 5 s.d 7 Juni 2017 pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB, Apabila tidak mendaftar ulang pada tanggal tersebut di atas maka dianggap mengundurkan diri;
  • SD Swasta Gelombang I : Bulan April 2017 pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB,
  • SD Swasta Gelombang II : Bulan Juli 2017 pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB,