6 Kiat Menjadi Guru Kreatif di Kelas

$alt
Menjadi guru yang kreatif artinya seorang guru hendaknya memiliki kemampuan daya cipta.

Guru merupakan pendidik nomor satu saat di dalam kelas. Bersama dengan siswa, guru bekerja sama menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, guru harus kreatif untuk menerapkan beragam metode belajar yang disukai oleh siswa saat pembelajaran. Menjadi guru yang kreatif artinya seorang guru hendaknya memiliki kemampuan daya cipta. Guru dituntut untuk menjadi fasilitator yang kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga siswa memiliki kemampuan learning how to learn secara aktif.

Menjadi guru yang kreatif ketika di dalam kelas sudah tentu membutuhkan proses. Guru harus belajar serta menggali kemampuannya dengan lebih dalam sehingga daya kreatifitasnya terus meningkat. Daya kreatifitas guru diharapkan mampu mendorong siswa agar belajar dengan lebih bermakna dan juga produktif. Lalu kiat apa saja yang bisa diupayakan agar bisa menjadi guru kreatif? Berikut ini ada beberapa kiat untuk menjadi seorang guru yang kreatif ketika berada di kelas.

1.  Mencintai Profesi sebagai Guru

Kreatifitas akan muncul karena adanya cinta. Untuk itu cintai dulu profesi sebagai guru maka dengan sendirinya kreatifitas akan muncul. Kecintaan seorang guru sebagai pendidik akan membuatnya melakukan berbagai hal yang terbaik untuk siswanya. Termasuk menghadirkan kelas yang menyenangkan dan kondusif bagi siswa.

2.  Selalu Belajar

Pendidikan bagi guru kreatif tidak berhenti pada bangku pendidikan formal yang sudah ditempuh. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekonologi mengharuskan guru untuk selalu belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Jiwa pembelajar dan memiliki pemikiran terbuka dengan perubahan-perubahan yang terjadi akan memunculkan jiwa kreatif pada seorang guru.

3.  Pandai Berkomunikasi

Komunikasi merupakan alat paling utama bagi seorang guru untuk memberikan pelajaran kepada siswanya. Ketika seorang guru memiliki gagasan atau ide yang kreatif, maka guru juga harus pandai mengkomunikasikan ide tersebut kepada siswanya. Dengan komunikasi yang baik, siswa akan lebih mudah menangkap ide yang disampaikan oleh guru. Karena itulah, melatih komunikasi yang baik dengan siswa sangatlah penting.

4.  Mengetahui Potensi Siswa

Setiap siswa memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda satu sama lain. Potensi tersebut nantinya akan menjadi bekal mereka untuk membangun masa depan bangsa. Dengan mengetahui potensi yang dimiliki oleh siswanya, guru secara kreatif akan menggali dan mengembangkan potensi tersebut secara efektif. Pembelajaran di dalam kelas akan mencapai hasil yang optimal jika guru memahami potensi yang dimiliki oleh siswanya.

5.  Membaca Buku

Untuk mengembangkan pengetahuan, guru tidak hanya terpaku pada metode belajar atau silabus yang sudah ditentukan. Dengan rajin membaca buku bertemakan pendidikan, psikologi, dan anak akan membuka wawasan guru tentang cara mendidik. Dari buku pula kreatifitas pada seorang guru akan muncul seiring dengan bertambahnya pengetahuan yang didapat. Seiring bertambahnya pengetahuan seorang guru maka kemampuan untuk mengembangkan potensi maupun kreatifitasnya juga akan semakin meningkat.

6.  Cerdas Menggunakan Teknologi

Pada era digital saat ini, kecerdasan untuk menggunakan teknologi sangat diperlukan. Guru kreatif akan cerdas menggunakan teknologi sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Jika sebelumnya siswa hanya belajar dari buku teks, maka dengan teknologi siswa juga akan mengenal materi pelajaran melalui multimedia. Guru yang kreatif harus bisa meningkatkan kualitas diri dan juga siswanya dengan memanfaatkan teknologi.

Related Artikel