Kemerdekaan yang Utuh Melalui Pemerataan Pendidikan

$alt
Pendidikan adalah hal mutlak untuk membangun suatu bangsa yang merdeka secara utuh.

Setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Lalu sesungguhnya apa makna dari kemerdekaan itu sendiri? Kemerdekaan tidak hanya dimaknai dengan lepasnya bangsa Indonesia dari penjajahan oleh negara lain. Lebih dari hal tersebut, kemerdekaan juga berarti terbebas dari segala bentuk eksploitasi, kebodohan, serta ketidakadilan. Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita menginginkan kemerdekaan yang seutuhnya. Kemerdekaan yang seutuhnya artinya kedaulatan pada segala aspek. Bangsa kita memiliki tanggung jawab untuk membuat setiap warga negara berdiri pada kakinya sendiri dan tidak bergantung pada bangsa lain. Dalam hal tersebut, pendidikan adalah alat yang paling tepat untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka secara utuh.

Kemerdekaan yang Utuh Melalui Pendidikan

Ir. Soekarno sebagai salah satu pelopor kemerdekaan Indonesia, juga menginginkan pendidikan yang mampu mencerdaskan kehidupan rakyat Indonesia agar terbebas dari kebodohan dan keterjajahan. Beliau mendorong seluruh rakyat Indonesia agar bisa mengakses pendidikan tanpa terkecuali dan tanpa adanya diskriminasi. Hal tersebut sejalan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 5 ayat 1 telah dinyatakan bahwa “Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu” dan juga pasal 11 ayat 1 yang menyatakan “Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi”.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pemerataan pendidikan telah menjadi perhatian sejak masa pemerintahan Ir. Soekarno. Kesadaran tentang pentingnya pemerataan pendidikan tidak terlepas dari makin tumbuhnya kesadaran bahwa pendidikan adalah hal mutlak untuk membangun suatu bangsa yang merdeka secara utuh. Pemerataan pendidikan sendiri mencakup dua hal penting, yakni persamaan kesempatan untuk memperoleh pendidikan serta keadilan dalam memperoleh pendidikan yang sama. Akses pendidikan yang merata artinya semua warga masyarakat pada usia sekolah telah memperoleh kesempatan pendidikan yang sama. Sedangkan akses pendidikan dianggap adil jika antarkelompok bisa menikmati pendidikan secara sama rata.

Upaya Pemerintah untuk Melakukan Pemerataan Pendidikan

Sebenarnya, pemerintah telah melakukan upaya pemerataan pendidikan sejak tahun 1984 dengan melakukan pemerataan pendidikan sekolah dasar. Upaya lebih lanjut lagi, pemerintah mencanangkan program wajib belajar sembilan tahun sejak 2 Mei 1994. Selain beberapa solusi tersebut, hingga saat ini pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Membebaskan biaya pendidikan dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Melalui upaya tersebut diharapkan seluruh penduduk Indonesia bisa menamatkan pendidikan setidaknya hingga jenjang SMP.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah dengan subsidi yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  3. Melakukan revitalisasi serta penggabungan sekolah-sekolah, terutama SD, dengan tujuan untuk mencapai efisiensi serta efektifitas sekolah yang didukung dengan fasilitas yang memadai.
  4. Melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai untuk setiap sekolah, baik di perkotaan maupun pedesaan dengan disesuaikan kebutuhan masing-masing sekolah.
  5. Memberikan bantuan biaya pendidikan untuk siswa berprestasi dan/atau siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.
  6. Menyebar lulusan guru-guru ke berbagai daerah yang masih minim tenaga pengajar sehingga siswa di daerah 3T memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Related Artikel


....

08 August 2017 | 14:57:33 | = 247

Berkaca pada Pendidikan di Finlandia
....

10 November 2017 | 09:18:22 | = 143

Refleksi Hari Pahlawan untuk Membentuk Karakter Bangsa
....

08 November 2017 | 08:38:33 | = 221

Rumah Juara Siap Mewujudkan Generasi Emas 2045