Menyesuaikan Beban Perlengkapan Sekolah pada Tas Anak

$alt
Sumber: https://pixabay.com/en/school-student-dog-child-2207393/

Bagi anak, tas sekolah adalah kantong ajaib yang bisa membawa berbagai macam perlengkapan yang diperlukan ketika mereka melakukan berbagai macam aktivitas di sekolah. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memperhatikan beban perlengkapan sekolah pada  tas anak. Padahal, beban berlebih pada tas anak bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh anak. Anak-anak, khususnya anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar merupakan masa untuk tumbuh dan berkembang. Apabila terdapat sesuatu yang mengganggu kesehatannya, misalnya membawa beban tas sekolah yang terlalu berat, maka dampaknya bisa dirasakan oleh anak ketika mereka tumbuh dewasa kelak atau saat mereka memasuki usia 17 tahun ke atas.

Berapa Beban Tas Sekolah yang Sesuai untuk Anak?

Membawa beban yang terlalu berat pada tas sekolah bisa berdampak buruk pada kesehatan anak, seperti gangguan skoliosis (tulang melengkung ke samping) dan kifosis (tulang melengkung membungkuk). Ada dua faktor yang mempengaruhi kesehatan anak ketika mereka membawa tas sekolah, di antaranya bagaimana cara anak membawa tas dan berapa beban yang harus ditanggung oleh tubuh anak setiap harinya. Untuk mengetahui apakah beban pada tas sekolah anak melebihi kapasitas anak atau tidak maka orang tua dapat melihat posisi anak saat berdiri. Apabila ketika anak memakai tas kemudian posisi berdiri mereka mengalami perubahan, entah itu maju atau mundur, maka bisa dikatakan beban tas sekolah melebihi kapasitas anak.

Mengingat beban sekolah pada tas anak bisa mempengaruhi kesehatan mereka, maka ada baiknya orang tua mulai memperhatikan berapa beban perlengkapan yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam tas anak. Menurut dokter spesialis ortopedi, H. Briliantono M. Soenarwo, Sp.OT., FICS, MD, Ph.D, MBA, dari Halimun Medical Centre, idealnya anak-anak dan juga remaja bisa membawa beban maksimal 15 sampai 20 persen dari berat tubuhnya. Ada baiknya untuk anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) memakai jenis tas ransel. Tidak hanya beban tas sekolah saja, orang tua juga harus memperhatikan pengaturan panjang tas yang dipakai oleh anak. Hindari membelikan anak tas yang ukurannya tidak sesuai dengan tubuh anak, misalnya terlalu panjang dan hampir setara dengan lututnya. Tas yang terlalu panjang bisa menyebabkan gangguan pada tulang punggung anak.

Tips Mengemas Perlengkapan Sekolah pada Tas Anak

Untuk menjaga kenyamanan anak ketika membawa tas sekolah dan juga untuk mencegah gangguan kesehatan pada tubuh anak, orang tua bisa mengemas perlengkapan sekolah pada tas anak dengan beberapa pertimbangan berikut ini.

  1. Berikan anak tas yang terbuat dari bahan yang ringan namun kuat dan nyaman untuk digunakan.
  2. Pastikan buku dan alat tulis yang dibawa anak seperlunya saja.
  3. Tatalah perlengkapan sekolah pada tas anak dengan rapi.
  4. Apabila beban pada tas sekolah terlalu berat, maka anak bisa menggunakan tas tenteng untuk membagi beban.
  5. Bila perlu bantulah anak untuk membawa tasnya ketika orang tua mengantar anak ke sekolah.
  6. Apabila anak mengeluhkan sakit pada bagian punggungnya, maka sebaiknya orang tua segera berkonsultasi dengan dokter.

Ada baiknya orang tua secara aktif berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk merancang jadwal pelajaran yang tidak harus membebani anak dalam membawa buku pelajaran. Bila perlu, sekolah juga bisa menyediakan loker agar anak bisa menyimpan buku di sekolah sehingga beban perlengkapan anak bisa sedikit berkurang.

Related Artikel