Menjawab Kebingungan Orang Tua pada Kurikulum 2013 melalui Rumah Juara

$alt
Di Rumah Juara, orang tua bersama anak bisa belajar berbagai materi pembelajaran dalam Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 telah diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar (SD) hampir di seluruh Indonesia. Kebanyakan sekolah juga telah melakukan sosialisasi kepada orang tua terkait Kurikulum 2013 tersebut, seperti tidak ada lagi mata pelajaran, tetapi tersaji dalam bentuk tema sehingga jadwal pelajaran tampak berbeda dan sering berganti. Materi pembelajaran yang diberikan juga tampak berbeda dari yang terdahulu, meskipun konteksnya masih tetap sama. Dalam Kurikulum 2013, orang tua bukan hanya harus memahami bagaimana Kurikulum 2013 itu diterapkan, tetapi orang tua harus terlibat langsung dalam mendidik dan mendampingi anak ketika belajar. Namun tentu saja lokasinya bukan di sekolah, melainkan di rumah dengan alokasi waktu yang tidak terhingga.

Kebingungan Orang Tua terhadap Kurikulum 2013

Meskipun kebanyakan sekolah sudah memberikan sosialisasi Kurikulum 2013 kepada orang tua, nyatanya masih banyak orang tua yang merasa kebingungan terhadap pembelajaran yang ada di kurikulum tersebut. Banyak orang tua yang bingung bagaimana harus mendampingi anak mereka belajar ketika di rumah. Bisa dikatakan, orang tua lebih familiar dengan kurikulum yang diterapkan sebelumnya (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP). Dalam KTSP, setiap mata pelajaran disampaikan secara lebih terperinci, sedangkan pada Kurikulum 2013 berbagai mata pelajaran nampak asing bagi orang tua karena tersaji dalam bentuk tematik, misalnya dalam satu tematik ada muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan muatan matematikanya.

Penyajian materi pembelajaran dalam bentuk tematik tersebut seringkali membuat orang tua kesulitan bagaimana harus membantu anak ketika belajar. Kebingungan tersebut bisa jadi karena pemahaman orang tua terhadap Kurikulum 2013 masih sangat minim. Menyikapi hal tersebut, orang tua harus lebih aktif untuk mencari tahu bagaimana Kurikulum 2013 itu diterapkan dan materi apa saja yang dipelajari oleh anak dalam Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mendorong anak untuk lebih banyak mencari tahu dan bertanya. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal tersebut. Jika pemahaman orang tua terhadap Kurikulum 2013 masih minim, bagaimana orang tua bisa membantu anak belajar ketika di rumah?

Rumah Juara sebagai Solusi Orang Tua Mendampingi Anak Belajar

Kurikulum 2013 tidak hanya menuntut anak untuk banyak bertanya. Orang tua juga harus banyak menggali informasi agar orang tua bisa turut aktif membantu anak ketika belajar di rumah. Orang tua harus lebih aktif berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait materi pembelajaran yang diajarkan kepada anak. Jika orang tua masih bingung terhadap materi pembelajaran yang harus dipelajari anak dalam Kurikulum 2013, maka orang tua bisa bergabung dengan Rumah Juara.

Di Rumah Juara, orang tua bersama dengan anak bisa belajar berbagai materi pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Dalam setiap tema, Rumah Juara menyajikan berbagai materi di setiap mata pelajaran dengan jelas yang tentunya membantu pemahaman anak sekaligus membantu orang tua untuk mendampingi anak ketika belajar di rumah. Tidak hanya itu, Rumah Juara juga menyediakan berbagai media interaktif yang menarik sehingga menstimulasi keinginan anak untuk belajar. Telah banyak orang tua yang bergabung bersama Rumah Juara dan memperoleh kemudahan dalam mengajarkan materi pembelajaran kepada anak. Gunakan kode voucher RJ19042017 dan klik untuk bergabung bersama Rumah Juara secara gratis.

Related Artikel


....

26 September 2017 | 10:03:37 | = 73

Mengenalkan Anak pada Pertanian
....

19 May 2017 | 09:48:04 | = 330

Membiasakan Anak Gemar Membaca Sejak Dini