Prosedur Pendaftaran Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2018-2022

$alt
Guru Dalam Jabatan yang diangkat hingga akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-l/D-IV dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui PPG.

Melalui PP Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 66 ayat (1), pemerintah menyampaikan bahwa Guru Dalam Jabatan yang diangkat hingga akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-l/D-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik akan mendapatkan sertifikat tersebut melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Berikutnya, guru calon peserta PPG Dalam Jabatan harus memenuhi persyaratan akademik dan administrasi sebagaimana ditentukan dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan yang Diangkat sampai dengan Akhir Tahun 2015 dan Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru. Lebih lanjut, prosedur pendaftaran peserta PPG Dalam Jabatan guna memperoleh Sertifikat Pendidikan akan diuraikan sebagai berikut.

  1. Calon peserta PPG Dalam Jabatan dapat membuka aplikasi pendaftaran melalui situs http://simpkb.id.
  2. Calon peserta PPG Dalam Jabatan menggunakan akun masing-masing untuk mengisi aplikasi pendaftaran online dengan mengunggah (upload) hasil scan ijazah asli S-1/D-IV.
  3. Calon peserta PPG Dalam Jabatan mengisi program studi yang akan diikuti dalam PPG sesuai (linier) dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
  4. Calon peserta PPG Dalam Jabatan mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.
  5. LPMP melaksanakan proses verifikasi dan validasi terhadap kesesuaian atau linieritas program studi PPG yang dipilih calon peserta PPG Dalam Jabatan dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Hasil verifikasi dan validasi dari LPMP akan dinyatakan dalam tiga kategori berikut.
    1. Pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan diterima, jika program studi PPG yang dipilih sesuai (linier) dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
    2. Pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan ditolak, jika program studi PPG yang dipilih tidak sesuai (linier) dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan.
    3. Pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan diperbaiki, jika program studi PPG yang dipilih tidak sesuai (linier) dengan ijazah S-1/D-IV, namun masih dimungkinkan adanya perbaikan.
  6. Calon peserta PPG Dalam Jabatan yang lolos tahap verifikasi dan validasi dinyatakan sebagai peserta pretest PPG Dalam Jabatan.
  7. Calon peserta PPG Dalam Jabatan menerima informasi mengenai waktu dan tempat pelaksanaan pretest setelah proses penempatan (plotting) peserta pretest ke TUK selesai.

Baca juga: Persyaratan Pendaftaran Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2018-2022

Related Artikel