Sejarah Pelaksanaan Asian Games sebagai Pesta Olahraga Terbesar di Asia

$alt
Asian Games merupakan ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dengan mengikutsertakan atlet-atlet dari seluruh Asia.

Asian Games merupakan ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali dengan mengikutsertakan atlet-atlet dari seluruh Asia. Asian Games diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia atau disingkat OCA). Sebelum tahun 1982, penyelenggara Asian Games adalah Federasi Asian Games (Asian Games Federation), hingga kemudian Federasi Asian Games berganti nama menjadi Dewan Olimpiade Asia. Hingga saat ini, Dewan Olimpiade Asia memiliki anggota 45 Komite Olimpiade Nasional yang berasal dari berbagai negara di Asia.

Sejarah Singkat Asian Games

Sesudah Perang Dunia II, sejumlah negara di Asia yang menerima kemerdekaannya menginginkan sebuah kompetisi baru, di mana kekuasaan Asia tidak lagi ditunjukkan dengan kekerasan, namun kekuatan Asia yang diperkuat dengan rasa saling pengertian. Pada bulan Februari 1949, Federasi Asia telah terbentuk dan menggunakan nama Federasi Asian Games (Asian Games Federation). Federasi Asian Games kemudian menyepakati untuk diselenggarakan Asian Games pertama kali pada tahun 1951 di New Delhi, India. Pada saat itu, Asian Games diikuti oleh 491 atlet dari 11 Komite Olimpiade Nasional, yakni Afghanistan, Burma, Ceylon/Srilangka, India, Indonesia, Iran, Jepang, Nepal, Filipina, Singapura, dan Tahiland. Asian Games pertama tersebut secara resmi dibuka oleh Presiden Rajendra Prasa di Stadion Nasional Dhyan Chand. Ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, balap sepeda (jalan raya dan trek), sepak bola, dan angkat besi, dengan memperebutkan 169 medali emas.

Sesudah penyelenggaraan Asian Games beberapa kali, Komite Olimpiade negara-negara Asia melakukan revisi konstitusi Federasi Asian Games. Terbentuklah asosiasi baru bernama Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia atau disingkat OCA). Pada saat itu pula India ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games pada tahun 1982 dan OCA memutuskan untuk tidak mengubah jadwal yang sudah ada. Tahun 1986, OCA resmi mengawasi penyelenggaraan Asian Games yang diadakan di Korea Selatan. Selanjutnya, pada tahun 1994 OCA mengakui negara-negara pecahan Uni Soviet, yakni Kazakhstan, Kirgistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Tajikistan.

Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games

Sejak diselenggarakan pada tahun 1951, Indonesia telah menjadi tuan rumah Asian Games sebanyak satu kali, yakni pada tahun 1962. Tahun 1962 adalah Asian Games keempat yang diselenggarakan di Jakarta, dari tanggal 24 Agustus sampai 4 September 1962 dan secara resmi dibuka oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Sebanyak 17 negara dan 1.460 atlet turut berpartisipasi memperebutkan 372 medali emas pada 13 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat.

Tahun 2018, Indonesia kembali ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Pesta Olahraga Asia yang ke-18 tersebut akan diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 di kota Jakarta dan Palembang. Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 setelah Hanoi mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Hanoi sebenarnya telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada tanggal 8 November 2012 setelah mengalahkan kota-kota lain yang juga mengajukan diri, yakni Dubai dan Surabaya. Namun, pada 17 April 2014, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung secara resmi mengumumkan penarikan Hanoi sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 karena ketidaksiapan dan resesi ekonomi.

Related Artikel


....

29 April 2017 | 11:29:00 | = 668

Benarkah Galak Bisa Bikin Berwibawa?
....

07 February 2018 | 08:51:44 | = 303

Budaya Literasi Guru di Era Digital
....

14 February 2018 | 10:16:50 | = 250

Menghadapi Siswa dengan Kesulitan Belajar
....

07 March 2018 | 09:53:26 | = 948

Soal Essay dalam USBN Sekolah Dasar Tahun 2018