Penting Diketahui, Inilah Mekanisme PPDB Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2018/2019 !

$alt
Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah dasar negeri secara serentak dijadwalkan akan dimulai Juni hingga Juli 2018.

Tahun ajaran 2018/2019 akan segera berlangsung. Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah dasar negeri secara serentak dijadwalkan akan dimulai Juni hingga Juli 2018. Pendaftaran peserta didik baru dipersiapkan untuk dapat dilakukan secara offline (luar jaringan) dan online (dalam jaringan). Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mendatangi sekolah secara langsung, sedangkan pendaftaran secara online dilakukan melalui web PPDB tiap-tiap daerah. Meskipun tersedia dua macam metode pendaftaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud) RI mengimbau agar masyarakat yang daerahnya sudah siap untuk ikut melakukan pendaftaran secara online. Dengan melakukan pendaftaran secara online, antrean panjang tidak akan bertumpuk di sekolah-sekolah. Selain itu, pendaftar pun bisa memantau proses pelaksanaan PPDB dengan lebih cepat dan mudah. 

Sistem Zonasi Masih Diberlakukan

Dalam seleksi PPDB tahun ini masih menerapkan sistem zonasi. Sekolah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah. Persentase penerimaan berdasarkan sistem zonasi ini sebesar 90% dari keseluruhan peserta didik yang diterima.Sistem zonasi didasarkan pada alamat yang tertera di Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan paling lambat 6 (enam) bulan sebelum pelaksanaan PPDB. Radius zona terdekat disesuaikan dengan kondisi tiap-tiap daerah. Kondisi tersebut adalah ketersedian anak usia sekolah dan daya tampung sekolah.

Sekolah diperbolehkan menerima peserta didik di luar radius zona terdekat dengan jalur prestasi sebanyak 5% dari keseluruhan peserta didik yang terima. Sekolah juga berhak menerima calon peserta didik dari luar zona terdekat dengan alasan khusus, seperti perpindahan domisili orang tua atau wali serta terjadi bencana alam atau sosial, sebanyak 5% dari keseluruhan peserta didik yang diterima. Diharapkan dengan adanya sistem zonasi dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memeratakan pendidikan di Indonesia.

Persyaratan PPDB Sekolah Dasar 2018

Untuk seleksi PPDB kelas satu sekolah dasar, selain mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah, juga tidak dilakukan tes calistung (membaca, menulis, dan berhitung). Namun, calon peserta didik kelas satu sekolah dasar dikenai persyaratan umum. Pada saat mendaftar, calon peserta didik wajib berusia 7 (tujuh) tahun yang dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisasi oleh kepala desa setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.

Sekolah dasar juga diperbolehkan menerima peserta didik berusia 6 (enam) tahun atau minimal 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli dengan syarat calon peserta didik memiliki kecerdasan atau bakat istimewa serta memiliki kesiapan psikis untuk belajar. Hal itu dibuktikan dengan surat rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. Surat rekomendasi juga dapat dikeluarkan oleh dewan guru sekolah.

Ketentuan PPDB Sekolah Dasar 2018

Jika pada saat pendaftaran usia calon peserta didik, tentunya sesuai ketentuan, sama, penentuan peserta didik ditentukan pada jarak tempat tinggal peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan atau sekolah. Jika usia dan atau jarak tempat dari satuan pendidikan calon peserta didik sama, peserta didik yang mendaftar lebih awal yang diprioritaskan.

Apabila sekolah menerima peserta didik lebih dari daya tampung, sekolah wajib melaporkan kelebihan peserta didik kepada dinas pendidikan. Dinas pendidikan wajib menyalurkan kelebihan calon peserta didik ke sekolah lain sesuai dengan sistem zonasi yang telah ditetapkan. 

Setelah calon peserta didik dinyatakan diterima, peserta didik diwajibkan melakukan daftar ulang dengan mendatangi secara langsung sekolah yang menerimanya. Saat pendaftaraan ulang akan dilakukan pendataan ulang untuk memastikan data peserta didik. Pendataan ulang tersebut tidak dipungut biaya.

PPDB SD infografis


Seluruh persyaratan dan ketentuan tersebut termaktub dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Informasi tentang selesi PPDB juga dapat diperoleh melalui akun instagram resmi Kemendikbud RI, @kemdikbud.ri.

Related Artikel


....

13 March 2018 | 09:58:08 | = 262

Kolaborasi UNBK dan UNKP pada USBN 2018
....

24 March 2017 | 14:36:21 | = 624

Siswa Aktif Berkat Potensi Kecerdasan Kinestetik
....

20 March 2017 | 09:02:24 | = 766

Pembelajaran Tematik Integratif
....

07 February 2018 | 08:51:44 | = 303

Budaya Literasi Guru di Era Digital