05 Oktober 2018 09:13:53

Raih Beasiswa Atlet di PB Djarum, Ini Persyaratannya

PB Djarum merupakan beasiswa bagi calon atlet bulu tangkis yang diprakarsai oleh PT Djarum.

Salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia adalah bulu tangkis. Kiprah pemain bulu tangkis Indonesia di ajang kompetisi bertaraf internasional tidak perlu diragukan lagi. Ada banyak pemain andal yang telah berhasil mengibarkan bendera Indonesia di berbagai negara berkat prestasi yang mereka raih.

Beberapa pemain bulu tangkis berbakat yang pernah mengharumkan nama Indonesia di antaranya Liem Swie King, Hastomo Abi, Christian Hadinata, Alan Budikusuma, dan Icuk Sugiarto. Atlet-atlet berbakat tersebut merupakan hasil didikan PB Djarum.

Profil PB Djarum

Awalnya, PB Djarum (Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum) adalah perkumpulan para karyawan pabrik rokok Djarum di Kudus yang hobi bermain bulu tangkis. Atas dukungan CEO PT Djarum, Robert Budi Hartono, komunitas ini menjadi organisasi PB Djarum yang menjadi tempat latihan bagi para atlet bulu tangkis. Visi dan misi PB Djarum adalah mengharumkan nama bangsa dengan berprestasi di bidang perbulutangkisan dunia dan menjadi klub terbaik dengan pemain kelas dunia.

Saat ini, PB Djarum bekerja sama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengatur supaya para pemain dapat tetap belajar di tengah padatnya aktivitas latihan. Untuk memperoleh calon atlet bulu tangkis berbakat, PB Djarum telah menjalin kerja sama dengan SD Barongan II, SLTP Taman Dewasa, dan SLTA Keluarga. Para pemain bulu tangkis di PB Djarum akan mendapatkan dispensasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pertandingan.

Syarat Masuk PB Djarum

Profil PB Djarum yang berlatar belakang istimewa serta fasilitas yang ditawarkan membuat banyak diminati oleh para calon atlet. Untuk masuk PB Djarum, pendaftar harus mengikuti seleksi ketat untuk menyingkirkan pesaingnya karena kuota yang tersedia terbatas. Adapun persyaratan masuk PB Djarum dibagi dalam tiga kategori umur, yaitu U-11 (tahun kelahiran 2008–2012), U-13 (tahun kelahiran (2006–2007), dan U-15 (tahun kelahiran 2004–2005).

Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun langsung di kota-kota yang sudah ditentukan. Ada beberapa berkas dokumen yang harus dipersiapkan pada saat pendaftaran, antara lain fotokopi rapor SD, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi piagam prestasi bulu tangkis terbaik.

Seleksi Masuk PB Djarum

Selain mempersiapkan dokumen administrasi, pendaftar juga harus lolos tahap seleksi awal. Di sini, kualitas para pendaftar dilihat berbagai hal, mulai dari bakat, kemampuan teknik dasar, hingga keseimbangan psikologis. Calon pemain yang dianggap istimewa akan mendapatkan Super Tiket untuk bertanding di tahap final yang diadakan di Kota Kudus. Selanjutnya, peserta yang lolos ini akan melakukan masa karantina selama satu minggu di asrama PB Djarum. Setelah itu, di tahap terakhir, dilakukan wawancara bagi calon pendaftar yang lolos.

Jika berhasil melewati seluruh rangkaian tes itu, pendaftar akan mendapatkan beasiswa PB Djarum. Fasilitas yang dapat dinikmati adalah asrama, makanan bergizi, lapangan eksklusif, perlengkapan bulu tangkis, ruang untuk kebugaran, perpustakaan, dan akses internet. Pemain juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai kejuaraan, baik di dalam maupun luar negeri tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Sekolah Khusus Olahraga Ragunan bagi Para Calon Atlet.