03 November 2018 08:44:44

Begini Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Anak

Kunci supaya anak pandai dalam pelajaran matematika adalah efektifnya peran pendamping ketika proses belajar berlangsung.

Apakah anak sering terlihat kurang antusias ketika sedang mengulang pelajaran matematika di rumah? Hal ini mungkin saja terjadi karena anak mengalami kesulitan belajar. Penyampaian materi yang kurang mendalam dan menarik juga dapat menyebabkan hilangnya minat anak untuk belajar matematika. Untuk mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak di rumah, berikut beberapa tips yang dapat diterapkan oleh orang tua.

1. Mengulang Pelajaran di Sekolah

Salah satu tugas orang tua adalah mendampingi anak ketika belajar di rumah. Ini adalah momen yang tepat untuk mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Selain itu, pada kesempatan ini, anak dapat mengulang kembali pelajaran yang diterimanya di sekolah.

Mengulang pelajaran di sekolah sangat penting, apalagi untuk materi-materi pelajaran yang cukup sulit. Dengan belajar di rumah, anak dapat kembali menyegarkan ingatannya tentang teori, rumus, atau hal-hal lain seputar materi pelajaran terkait.

Dalam hal ini, orang tua dapat berperan menjadi “penguji”. Berikan pertanyaan-pertanyaan sederhana terkait materi tersebut. Jika anak berhasil menjawabnya dengan benar, itu berarti pelajaran tersebut telah dikuasainya dengan baik. Jika tidak, bantulah anak untuk memahaminya lebih dalam.

2. Kenali Materi yang Sulit bagi Anak

Tips selanjutnya adalah kenali materi yang sulit bagi anak. Orang tua harus peka mengenali bagian dalam pelajaran matematika yang tampaknya belum dikuasai oleh anak dengan benar. Khusus untuk bagian ini, doronglah anak untuk mengulanginya beberapa kali hingga benar-benar paham. Orang tua perlu sabar membimbing anak dan tidak terburu-buru menuntutnya untuk dapat menguasai materi yang sulit.

Kadang kala, anak enggan mengulangi materi pelajaran yang tidak dikuasainya. Padahal, jika masalah ini tidak segera diselesaikan, anak dapat mengalami kesulitan belajar matematika pada kemudian hari. Jadi, usahakan supaya anak jujur dan terbuka memberitahukan bagian sulit yang harus diulangi.

3. Perbanyak Latihan Soal

Salah satu strategi untuk mempelajari matematika dengan baik adalah perbanyak latihan soal. Carilah soal-soal yang beragam dari berbagai sumber untuk dikerjakan oleh anak. Bantulah anak jika mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal tersebut. Semakin banyak berlatih, anak pun akan semakin pandai matematika.

Untuk melakukan hal ini, orang tua juga perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari terlebih dahulu materi pelajaran tersebut. Jangan sampai, ketika anak bertanya cara penyelesaian soal yang benar, orang tua justru tidak bisa memecahkannya.

Jika dipelajari dengan baik, matematika sebenarnya tidak perlu menjadi momok bagi anak. Hanya saja, kadang kala cara mengajar atau mendampingi anak belum tepat atau belum sesuai sehingga anak mengalami kesulitan belajar. Jadi, salah satu kunci supaya anak pandai dalam pelajaran matematika adalah efektifnya peran pendamping ketika proses belajar berlangsung.

Baca juga: Serunya Mendampingi Anak Belajar Matematika di Rumah.