06 November 2018 09:18:29

Serunya Bermain Mencampur Warna Bersama Teman

Warna adalah suatu hal ajaib yang dapat berubah-ubah apabila dicampurkan.

Minggu kemarin, Uni dan keluarganya berkunjung ke rumah paman. Paman Uni adalah seorang pelukis. Di rumah paman, banyak lukisan cantik yang berjejer rapi. Uni sangat menyukai lukisan-lukisan itu dan berharap suatu saat bisa membuatnya juga.

Sebelum Uni pulang, paman memberitahu Uni sebuah rahasia. Ternyata, indahnya lukisan paman berasal dari kemahirannya mencampurkan warna. Paman bukan hanya menggunakan warna merah, biru, atau kuning. Tetapi juga warna jingga, ungu muda, cokelat tua, dan masih banyak lagi. Warna-warna tersebut bisa didapatkan dengan mencampurkan dua warna yang berbeda.

Saat di sekolah, Uni menceritakan keajaiban warna kepada teman-temannya. Uni juga mengajak teman-temannya berkunjung ke rumah Uni untuk membuktikan cerita tersebut.

Setiba di rumah, seperti yang sudah diajarkan pamannya, Uni mempersiapkan alat dan bahan, yaitu cat untuk melukis, kuas atau potongan kayu untuk mencampur cat, dan wadah kosong. Ada tiga warna cat yang digunakan Uni, yaitu merah, biru, dan kuning.

“Dengan cara sederhana, kita bisa mendapatkan warna hijau dengan mencampurkan dua warna ini, lho. Menurutmu, dua warna itu apa saja, Ci?” tanya Uni kepada Cici.

“Apa, ya? Merah dan biru?” tebak Cici ragu-ragu.

“Bukan,” kata Uni sambil menggelengkan kepala.

“Yang benar adalah warna kuning dan biru,” lanjut Uni.

Lalu, Uni mencampurkan sedikit cat kuning dan cat biru dalam satu wadah. Tidak berapa lama kemudian, warna kuning dan biru yang dicampur, berubah warna menjadi warna hijau.

“Wah, kok bisa, ya?” Ale heran.

“Kita juga bisa mencampur warna merah dan biru. Hasilnya jadi ungu. Kalau merah dan kuning dicampur, hasilnya berwarna oranye.” jelas Uni.

Teman-teman Uni pun mencoba mencampurkan warna-warna tersebut.

Sore itu, mereka mendapatkan pengalaman yang seru. Mereka juga mengambil kesimpulan. Warna adalah suatu hal ajaib yang dapat berubah-ubah apabila dicampurkan. Uni pun sangat senang dapat berbagi pengetahuan barunya kepada teman-temannya.