08 November 2018 10:08:18

Mengapa Matahari Terbit dan Tenggelam?

Peristiwa matahari terbit maupun tenggelam dapat terjadi karena bumi berputar dan mengelilingi matahari.

Matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Setelah matahari terbit, hari menjadi terang dan disebut siang. Sebaliknya, setelah matahari tenggelam, hari menjadi gelap dan disebut malam.

Setelah membaca kalimat itu di buku pelajarannya, Eko merasa penasaran. Mengapa matahari bisa terbit dan tenggelam? Ke mana matahari setelah tenggelam?

Sore itu, Eko dan teman-temannya sedang belajar kelompok di rumah Uni. Di sana, mereka bertemu ibu Uni yang berprofesi sebagai guru. Eko pun bertanya kepada ibu Uni.

“Menurut kalian, apakah matahari bergerak atau diam di tempat?” tanya ibu Uni.

Mereka serentak menjawab, “Diam di tempat.”

“Benar. Berbeda dengan matahari, bumi justru bergerak. Bumi dan planet lainnya bergerak mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Selain mengelilingi matahari, bumi juga berputar di porosnya. Bagian bumi yang menghadap ke matahari akan menjadi terang. Sementara bagian bumi yang tidak menghadap ke matahari akan menjadi gelap. Karena bumi selalu berputar, matahari seakan-akan terbit kemudian tenggelam dalam waktu 24 jam,” jelas ibu Uni.

Penjelasan ibu Uni ternyata kurang dipahami oleh Eko dan teman-temannya. Ibu Uni pun mencari beberapa alat peraga. Alat dan bahan yang dipersiapkan adalah bola dan lampu senter. Bola tersebut menggambarkan bumi, sedangkan lampu senter menggambarkan matahari.

Lalu, ibu Uni memperagakan cara bumi berputar, yaitu berlawanan arah dengan jarum jam. Sebelumnya, sebuah titik ditandai pada bola tersebut. Ketika bola mulai berputar, titik tersebut mendapatkan cahaya senter. Semakin lama, titik tersebut berubah posisi hingga berada di bagian gelap.

“Jika diperhatikan, dengan perputaran bola tersebut, cahaya senter seolah-olah muncul dari sebelah timur dan berakhir di sebelah barat. Inilah yang terjadi ketika matahari terbit dan matahari terbenam di suatu tempat,” jelas ibu Uni.

Mendengar penjelasan tersebut, Eko dan teman-temannya mengangguk. Kini mereka bisa menarik kesimpulan bahwa peristiwa matahari terbit maupun tenggelam dapat terjadi karena bumi berputar dan mengelilingi matahari.