27 Desember 2018 10:19:46

Bagaimana Cara Mengetahui Perkembangan Anak Melalui Kriteria Ketuntasan Minimal?

Dengan memahami nilai pada rapor K-13, orang tua juga dapat memantau perkembangan pembelajaran anak.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria paling rendah yang digunakan oleh guru untuk menyatakan seorang siswa telah lulus proses pembelajaran. KKM ditetapkan sejak awal tahun pembelajaran dan tidak dapat diubah hingga tahun pembelajaran selesai.

KKM sangat penting sebagai acuan pendidik. Apabila ada siswa yang tidak berhasil mencapai KKM, berarti ada hal yang harus diperbaiki dalam proses pembelajaran tersebut. Guru dapat melakukan remedial pada siswa yang bersangkutan. Selain itu, guru juga dapat mengevaluasi metode belajar yang digunakan di ruang kelas.

Mengetahui Perkembangan Belajar Anak Melalui Rapor K-13

Bukan hanya pendidik di satuan pendidikan, KKM juga perlu dikenal oleh orang tua siswa. Melalui penyerahan rapor K-13 Semester 1, orang tua akan mengetahui hasil belajar anak di sekolah. Dengan memahami nilai pada rapor K-13, orang tua juga dapat memantau perkembangan pembelajaran anak.

Dalam hal ini, KKM dapat menjadi acuan bersama. Itulah sebabnya, KKM juga dicantumkan di dalam rapor siswa. Selain itu, satuan pendidikan melakukan sosialisasi supaya siswa dan orang tua memahami makna KKM tersebut.

Orang tua sangat perlu memperhatikan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pasalnya, jika anak tidak melewati KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, ini berarti perkembangan pembelajaran anak belum optimal dan masih harus diperbaiki. Bagaimanapun, orang tua memiliki peran yang sangat vital dalam membantu anak belajar di rumah.

Lakukan Evaluasi Jika Anak Tidak Memenuhi KKM

Perkembangan anak pasti berbeda-beda. Ada anak yang memiliki daya tangkap yang lebih cepat sehingga mudah memahami pelajaran. Ada anak yang memiliki daya tangkap lebih lambat sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Agar memiliki acuan penilaian yang valid, pendidik diwajibkan untuk menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal.

Penetapan KKM sudah melewati langkah-langkah ideal dan bukan berdasarkan subjektivitas pendidik. Guru dan kelompok guru biasanya sudah mempertimbangkan sejumlah hal. KKM ini pun akan disetujui oleh kepala sekolah sebelum disosialisasikan kepada siswa dan orang tua.

Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua jika melihat anak belum mencapai KKM melalui rapor yang dibagikan? Orang tua boleh bersikap aktif untuk memastikan nilai anak kepada guru yang bertanggung jawab. Namun, yang lebih penting adalah berkonsultasi kepada pendidik dan satuan pendidikan untuk mencari solusi terbaik. Ada sejumlah metode yang bisa digunakan, salah satunya melalui kegiatan remedial.

Untuk jangka panjang, hal ini merupakan bahan evaluasi bagi orang tua untuk memperbaiki metode pendampingan ketika anak belajar di rumah. Dengan demikian, anak mendapatkan dukungan yang optimal, baik di sekolah maupun di rumah.