31 Desember 2018 13:31:59

Tips Memberikan Hadiah kepada Anak Jika Juara Kelas

Hadiah untuk anak juara kelas sebaiknya merupakan benda yang ia perlukan dan bermanfaat untuk perkembangannya.

Hadiah biasanya diberikan sebagai bentuk penghargaan atas suatu prestasi. Hadiah bukan hanya untuk prestasi yang luar biasa, tetapi juga untuk pencapaian-pencapaian sederhana. Tujuannya adalah untuk menggugah semangat serta mendorong untuk semakin maju.

Orang tua perlu memberikan hadiah kepada anak ketika melakukan hal positif atau berhasil mencapai sesuatu, termasuk ketika anak juara kelas. Meskipun demikian, orang tua perlu tahu bagaimana memberikan hadiah supaya hal tersebut tidak menimbulkan dampak negatif. Berikut beberapa tips memberikan hadiah kepada anak jika juara kelas.

1. Bijak Menentukan Jenis Hadiah

Tahukah Anda bahwa hadiah bukan hanya berbentuk benda atau sesuatu yang dihargai dengan uang? Pujian juga termasuk sebagai bentuk hadiah. Pada kondisi tertentu, anak biasanya lebih membutuhkan pujian dibandingkan benda. Pujian yang tulus menunjukkan perhatian yang personal.

Oleh karena itu, orang tua perlu bijak menentukan jenis hadiah yang akan diberikan kepada anak. Pertimbangkanlah kebutuhan anak serta kemampuan orang tua. Tidak perlu memaksakan diri jika orang tua ternyata belum bisa membelikan sebuah benda yang diinginkan anak.

2. Berikan Hadiah yang Bermanfaat

Jangan manjakan anak dengan benda-benda yang sebenarnya tidak ia perlukan atau memberikan dampak negatif, meskipun pemberian itu sebagai bentuk hadiah. Hadiah untuk anak juara kelas sebaiknya merupakan benda yang ia perlukan dan bermanfaat untuk perkembangannya.

3. Jika Tidak Mampu, Jujurlah kepada Anak

Ketika orang tua sedang berada dalam kesulitan finansial, seringkali anak tidak menyadarinya. Orang tua juga kerap menyembunyikan hal tersebut karena tidak ingin anak terpengaruh. Namun, jika tak mampu membelikan sesuatu sebagai bentuk penghargaan atas nilai rapor anak yang baik, Anda sebaiknya mengungkapkannya dengan jujur.

Sampaikan kepada anak bahwa Anda sangat bangga terhadap pencapaiannya. Sampaikan juga bahwa Anda tidak dapat memberikan apa-apa dalam bentuk benda karena kondisi yang sedang terjadi. Dengan demikian, anak diharapkan dapat mengerti dan tidak menganggap bahwa Anda tidak peduli.

4. Berikan Hadiah dengan Tulus

Ada orang tua yang memberikan Hadiah hanya sebagai bentuk kewajiban atau formalitas. Padahal, yang lebih dibutuhkan oleh anak adalah perhatian dan pengakuan orang tua atas kemampuannya mencapai sesuatu.

Oleh karena itu, berikan reward dengan tulus kepada anak. Beritahukan bahwa hadiah tersebut merupakan imbalan atas kerja kerasnya sehingga menjadi juara kelas.

Jika Tidak Juara Kelas, Perlukah Mendapat Hadiah?

Ada kalanya, anak tidak berhasil mencapai prestasi sebagai juara kelas. Orang tua perlu menyadari bahwa hal tersebut wajar. Tidak perlu menuntut anak untuk selalu menjadi yang terbaik di antara teman-temannya. Tuntutan yang tidak disertai dengan dukungan dari orang tua hanya akan membuat anak menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Ketika anak gagal dan tidak mendapatkan sesuatu yang diharapkannya, meskipun sudah berusaha keras, orang tua tetap perlu mengapresiasi. Berikan hadiah untuk ketekunan, kejujuran, atau nilai-nilai positif lain yang ditunjukkan oleh anak. Dengan demikian, anak tetap akan merasa dihargai, bukan hanya karena hasil, tetapi karena proses yang dilaluinya.

Baca juga: Ini Dia, Evaluasi yang Perlu Dilakukan Saat Nilai Anak Kurang Memuaskan.