02 Januari 2019 09:07:19

Yuk, Ketahui Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah!

Tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan program kurikuler yang tidak ditetapkan alokasi waktunya dalam kurikulum. Meskipun demikian, kegiatan ekstrakurikuler bermanfaat menjembatani perbedaan kebutuhan perkembangan anak, seperti perbedaan kesadaran terhadap nilai moral dan sikap, kemampuan, dan kreativitas.

Secara praktis, melalui kegiatan ekstrakurikuler, anak juga dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta dapat mengembangkan minat dan bakat anak. Selain itu, ada pula manfaat sosial yang besar.

Pelaksanaan  Ekstrakurikuler di Sekolah

Tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Ada beberapa prinsip yang harus ada dalam pelaksanaan ekstrakurikuler, yaitu bersifat individual (sesuai potensi masing-masing peserta didik), pilihan (diikuti secara sukarela), keterlibatan aktif, menyenangkan, membangun etos kerja, dan kemanfaatan sosial (tidak melupakan kepentingan masyarakat).

Jenis kegiatannya beragam, yaitu Krida, karya ilmiah, latihan/olah bakat/prestasi, dan sebagainya. Sementara itu, format kegiatannya bisa secara individual, kelompok, klasikal, gabungan, atau lapangan.

Penilaian Kegiatan Ekstrakurikuler

Apakah kegiatan ekstrakurikuler perlu dinilai sama seperti kegiatan pembelajaran lainnya? Penilaian perlu diberikan, tetapi kriteria keberhasilan ditentukan berdasarkan proses dan keikutsertaan peserta didik. Penilaian ini bersifat kualitatif.

Pada ekstrakurikuler pilihan, penilaian yang masuk dalam kategori memuaskan dapat dituliskan di dalam rapor anak. Bukan hanya itu, peserta didik yang mampu mendapatkan nilai memuaskan pada kegiatan ekstrakurikuler tertentu, baik wajib atau pilihan, perlu diganjar dengan penghargaan oleh satuan pendidikan. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan nilai ekstrakurikuler dalam semester yang berjalan.

Mengembangkan Minat dan Bakat

Seperti yang telah disebutkan, jenis ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan oleh satuan pendidikan sangat beragam. Ada yang berhubungan dengan seni maupun olahraga. Seni antara lain menari, menyanyi, bermain sandiwara, melukis, menulis, dan sebagainya. Olahraga antara lain voli, sepak bola, basket, bulu tangkis, dan sebagainya.

Dalam hal ini, satuan pendidikan berfungsi mengarahkan anak untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakatnya. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah sosialisasi atau pengenalan. Selanjutnya, pihak sekolah memberikan waktu dan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan tersebut.

Penyediaan fasilitas termasuk tanggung jawab sekolah dalam mengembangkan minat dan potensi anak didik. Satuan pendidikan juga perlu merancang program ekstrakurikuler dan melakukan manajemen. Jadwal ini harus sudah tersedia sejak awal tahun pembelajaran, tetapi tidak mengganggu kegiatan kurikuler.

Melalui kesempatan ini, pembelajaran anak di sekolah menjadi lebih sempurna. Anak didik juga dapat mengenal diri sendiri sekaligus mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ditekuninya.

Baca juga: Tips Memberikan Hadiah kepada Anak Jika Juara Kelas.