03 Januari 2019 13:57:29

Bagaimana agar Es Krim Tidak Mencair?

Es krim dapat mencair karena dipengaruhi oleh suhu.

Kemarin, Cici mendapatkan uang Rp10.000 dari Ibu. Uang tersebut merupakan hadiah karena Cici membantu menjaga adik ketika Ibu ke pasar. Sebagian uang itu akan dipakai Cici untuk membeli es krim, sebagian lagi ditabung.

Di minimarket yang terletak di sebelah rumahnya, Cici bertemu Uni yang sedang memilih-milih es krim.

“Wah, kamu juga mau membeli es krim, ya, Ni?” tanya Cici.

Uni mengangguk. Setelah mendapatkan es krim favorit, mereka menuju ke kasir dan membayarnya. Selanjutnya, mereka berjalan bersama.

“Ayo, Ni, cepat. Nanti es krimnya mencair,” ajak Cici. Mereka pun mempercepat langkah supaya bisa segera menikmati es krimnya. Sembari makan es krim, Cici dan Uni mengobrol.

“Cici, kamu tahu tidak, bagaimana agar es krim tidak mencair?”

Cici hanya menggelengkan kepala. Ia masih asyik menikmati es krimnya yang tinggal setengah.

“Memangnya kenapa, Ni? Es krim pasti akan mencair kalau tidak segera dimakan.”

“Seandainya tidak segera mencair, kita tidak perlu terburu-buru memakannya. Kita bisa bermain sebentar, lalu makan es krim, bermain lagi, dan makan es krim. Begitu seterusnya,” ujar Uni berandai-andai.

“Es krim tidak akan mencair kalau kita menaruhnya di freezer. Begitu kata Bu Sekar saat kita belajar perubahan wujud kemarin. Itu namanya membeku. Jadi, kalau kamu tidak ingin es krimmu mencair, masukkan saja ke dalam freezer sekarang.”

Uni merengut.

“Itu artinya, aku tidak bisa memakannya.”

Cici hanya tertawa mendengar jawaban Uni. Setelah selesai menikmati es krim, mereka melanjutkan perbincangan.

“Jadi, kalau ingin membuat es krim, kita juga harus memasukkannya ke dalam freezer ya, Ci?”

Cici mengangguk.

“Benar sekali, Ni. Kata Bapak, es krim terbuat dari susu. Ada proses panjang yang harus dilakukan sebelum dimasukkan ke freezer. Karena itu, kalau ingin menikmatinya sekarang, lebih baik kita membelinya saja dahulu.”

Uni hanya tersenyum tanda menyetujui perkataan Cici.

Jadi, es krim dapat mencair karena dipengaruhi oleh suhu. Es krim yang diletakkan di udara terbuka, perlahan akan mencair. Sebab, es krim menerima panas dari lingkungan sekitar. Es krim dapat mencair jika suhu disekitarnya lebih dari 0 derajat Celcius. Oleh sebab itu, agar es krim tetap beku maka es krim dapat diletakkan di dalam freezer.

Baca juga: Mengapa Air Bisa Menjadi Es?