14 Januari 2019 08:35:53

Perlukah Membangun Komunikasi dengan Sesama Wali Murid?

Membangun komunikasi dengan sesama wali murid akan berdampak positif jika benar-benar dilakukan dengan tulus dan sesuai tujuannya.

Pentingnya membangun komunikasi dengan sesama wali murid setidaknya berguna untuk dua hal, yaitu untuk mendiskusikan kebijakan sekolah dan kondisi belajar di kelas. Bukan tidak mungkin, ada saja kebijakan sekolah yang dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan anak sehingga harus ditinjau ulang. Kondisi belajar di kelas pun bisa saja tidak ideal bagi anak sehingga orang tua harus turun tangan mengajukan ide perubahan.

Berdiskusi Tentang Kebijakan Sekolah

Apakah Anda merasa kurang setuju dengan kebijakan sekolah tentang penggunaan seragam? Atau, Anda mungkin tidak sreg dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang mengganggu konsentrasi belajar anak. Hal-hal itu wajib didiskusikan dengan pihak sekolah.

Namun, sebelum menghadap pihak sekolah, ada baiknya Anda mencari pendapat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu wali murid lain. Pasalnya, kebijakan ini berlaku secara universal. Jika ada orang tua yang setuju dengan keberatan Anda, sekolah tentu akan lebih mempertimbangkan peninjauan ulang terhadap kebijakan tersebut. Jadi, komunikasi dengan sesama wali murid tentang kebijakan sekolah seharusnya memberi dampak positif kepada proses belajar anak.

Berdiskusi Tentang Kondisi Belajar

Sangat penting untuk memastikan anak dapat belajar dengan berbagai dukungan positif. Salah satunya, kondisi belajar di kelas yang kondusif. Beberapa penyebab ruangan kelas tidak membuat anak belajar dengan optimal, misalnya karena ruangan kelas terlalu gelap, kotor, atau sempit, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kelas juga bisa jadi tidak nyaman karena ada sejumlah siswa yang mengganggu teman-temannya tanpa sepengetahuan pendidik. Atau, kondisi belajar tidak nyaman karena guru kurang maksimal dalam mengajar. Komunikasi dengan sesama wali murid tentang kondisi belajar di kelas diharapkan dapat memberikan solusi terbaik.

Tips Membangun Komunikasi

Apa saja yang harus dilakukan untuk membangun komunikasi dengan sesama wali murid? Para orang tua terlebih dahulu perlu menyadari akan pentingnya hal ini. Setelah itu, pilih metode yang paling ideal sebagai wadah komunikasi.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, bermodalkan aplikasi chatting seperti WhatsApp, sesama wali murid dapat membangun komunikasi yang baik. Buatlah grup khusus orang tua. Di sini, sesama wali murid dapat berbagi informasi tentang sekolah dan kondisi belajar dengan leluasa dan mudah.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bermanfaat. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan grup tersebut benar-benar sesuai dengan tujuan awal. Jika pembahasan di dalam grup kurang terarah, para wali murid lain bisa jadi terganggu dan akhirnya memutuskan untuk keluar grup.

Selain itu, penting juga untuk membangun silaturahmi yang hangat dengan sesama wali murid. Mulailah dengan cara-cara yang sederhana, misalnya saling memberi perhatian kepada teman anak. Membangun komunikasi dengan sesama wali murid akan berdampak positif jika benar-benar dilakukan dengan tulus dan sesuai tujuannya.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dikomunikasikan Orang Tua dengan Guru Kelas.