29 Januari 2019 09:07:40

Anak Mogok Sekolah, Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Sebagian besar penyebab anak mogok sekolah mungkin tampak sepele di mata orang tua.

Salah satu tantangan yang umum dihadapi oleh para orang tua adalah mengatasi anak mogok sekolah. Biasanya, anak akan menunjukkan tanda-tanda seperti malas bangun pagi, tidak mau mengerjakan PR, bahkan pura-pura sakit. Sebenarnya, apa penyebab anak mogok sekolah?

Sebagian besar penyebab anak mogok sekolah mungkin tampak sepele di mata orang tua. Misalnya, karena lingkungan sekolah yang kurang menyenangkan, beban pelajaran yang terlalu berat, atau merasa kurang diperhatikan. Meskipun sepele, sebaiknya orang tua mencari cara untuk mengatasinya supaya masalah ini tidak berlarut-larut. Berikut beberapa tips mengatasi anak mogok sekolah yang dapat dilakukan oleh orang tua.

1. Jangan Langsung Memarahi Anak

Meskipun sering kali tidak diungkapkan dengan jelas, anak sebenarnya memiliki alasan yang masuk akal untuk tidak bersekolah. Tugas orang tua adalah mengetahui penyebabnya dan mencari solusi terbaik untuk hal tersebut. Untuk itu, jangan langsung memarahi anak saat ia melontarkan keengganan untuk bersekolah.

Tenangkan diri Anda terlebih dahulu, kemudian bertanyalah kepada anak perihal ia mogok sekolah. Sampaikan pertanyaan dengan nada yang bersahabat, bukan dengan kesal atau marah. Cara ini akan mendorong anak untuk berbicara lebih terbuka.

2. Bersikap Tenang dan Cari Solusinya

Ketika anak melontarkan keinginan untuk tidak berangkat ke sekolah, Anda mungkin dalam kondisi sibuk atau terburu-buru. Wajar saja jika rasa marah bisa tiba-tiba datang. Namun, jangan sampai terbawa emosi dan salah mengambil tindakan. Justru, berhentilah sejenak dari aktivitas Anda dan ajaklah anak untuk duduk membicarakan hal tersebut.

Berikan perhatian penuh terhadap masalah yang dihadapi anak. Anggaplah hal itu memang benar-benar penting seperti anak memahaminya. Rasa empati seperti ini akan membuat anak merasa berharga. Kemudian, carilah solusi terbaik  yang paling mungkin untuk dilakukan.

3. Berikan Semangat kepada Anak

Anda juga perlu menyemangati anak untuk bersekolah. Ajaklah ia untuk membicarakan cita-citanya yang akan mudah diwujudkan jika ia rajin belajar. Dengan mengingatkan anak tentang hal ini, ia akan terdorong untuk kembali bersekolah tanpa harus dipaksa.

Selain itu, Anda juga bisa membelikan peralatan tulis yang lengkap. Biasanya, anak yang memiliki peralatan tulis yang lengkap akan lebih bersemangat untuk berangkat ke sekolah.

4. Konsultasi dengan Pihak Sekolah

Jika penyebab anak mogok sekolah karena faktor lingkungan sekolah, Anda bisa membicarakan perihal tersebut dengan pihak sekolah. Orang tua dapat berkonsultasi mengenai apa saja yang terjadi di kelas dan bagaimana tingkah laku teman-temannya terhadap anak Anda.

Mungkin saja, di kelas anak kurang merasa diperhatikan, takut dengan teman pengganggu, atau bahkan tidak memiliki teman baik di kelasnya. Hal-hal tersebut bisa menjadi salah satu alasan mengapa anak mogok sekolah.

Masalah yang dihadapi anak harus diselesaikan dengan langkah nyata. Sebagai orang tua, pilihlah langkah yang tepat untuk menghadapi anak mogok sekolah. Berikan perhatian dan bimbingan kepada anak. Dengan melakukan hal-hal tersebut, anak akan bersemangat lagi untuk berangkat ke sekolah.