11 Februari 2019 09:19:54

Mengenal Konsep Sekolah Ramah Anak dan Indikatornya

Sekolah yang nyaman bagi anak secara umum berarti dapat menciptakan ketertarikan untuk kembali bersekolah.

Program Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan kepada anak dan memenuhi hak anak selama berada di lingkungan sekolah. Untuk membangun Sekolah Ramah Anak, ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan, mulai dengan persiapan dari pihak sekolah hingga pemantauan dan evaluasi.

Orang tua perlu mengenal konsep Sekolah Ramah Anak guna memilih tempat pendidikan yang tepat untuk anak. Hal ini berkaitan dengan keselamatan dan keamanan anak selama berada di lingkungan sekolah. 8 indikator Sekolah Ramah Anak yang perlu diketahui orang tua, yaitu sebagai berikut.

1. Bersih

Anak-anak berhak bersekolah di tempat yang bersih dan bebas dari sampah. Kebersihan erat kaitannya dengan kesehatan sehingga sekolah yang bersih akan mendukung dan memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi anak. Standar kebersihan bukan hanya dilihat dari ruang kelas yang digunakan, tetapi juga lingkungan sekolah tersebut.

2. Aman

Sekolah yang aman adalah sekolah yang menekankan perlindungan bagi anak, baik dari hal-hal yang bersifat tak diduga, seperti musibah, hingga hal-hal yang disengaja karena oknum tertentu.

Sebagai rumah kedua, sekolah harus meminimalkan risiko-risiko yang dapat membahayakan anak, misalnya dengan menyediakan pagar pembatas di sekeliling sekolah, melakukan pemantauan keamanan bangunan secara berkala, dan sebagainya.

3. Ramah

Sekolah harus ramah terhadap anak. Ramah bukan hanya dari sikap para pendidik yang menerima, tetapi juga dari segi fasilitas yang tersedia. Sekolah yang ramah terhadap anak akan menimbulkan kenyamanan belajar. Efektivitas belajar pun akan semakin optimal.

4. Indah

Sekolah yang ramah anak perlu memperhatikan faktor keindahan lingkungan sekolah. Indah berkaitan dengan kesan yang ditangkap oleh indera penglihatan. Sebagai bagian dari seni, keindahan akan menciptakan kepuasan dan dorongan untuk kreatif. Anak-anak juga berhak untuk merasakan hal itu di lingkungan sekolah.

5. Inklusif

Sekolah yang ramah anak harus inklusif. Ini adalah konsep yang membuat anak dapat berbaur di lingkungan sekolah karena tempat pendidikan ini menerapkan keterbukaan.

6. Sehat

Sekolah juga harus termasuk dalam kategori sehat, baik dari segi desain bangunan maupun orang-orang di dalamnya. Desain bangunan yang sehat contohnya memiliki ventilasi jika tidak disertai dengan pendingin ruangan. Selain itu, sekolah juga harus memiliki toilet yang memadai, kantin yang memenuhi syarat kesehatan, dan sebagainya.

7. Asri

Anak-anak juga berhak untuk bersekolah di tempat yang asri dan nyaman. Untuk menciptakan sekolah yang asri memang tidak bisa dalam sekejap. Namun, sekolah yang ramah anak akan mengusahakan hal itu karena berkaitan dengan kenyamanan anak selama berinteraksi dengan warga sekolah lain atau dalam proses belajar.

8. Nyaman

Faktor kenyamanan memang bisa diukur dari segala sisi. Sekolah yang nyaman bagi anak secara umum berarti dapat menciptakan ketertarikan untuk kembali bersekolah. Jika tidak nyaman, anak akan malas dan enggan untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah.

Dengan memilih Sekolah Ramah Anak, orang tua tidak perlu ragu lagi untuk memercayakan pendidikan sekaligus keselamatan anak selama belajar di sekolah.