25 Februari 2019 08:44:31

Penyebab dan Mitigasi Bencana Banjir di Rumah

Salah satu penyebab banjir adalah adanya penyumbatan aliran sungai atau aliran air selokan.

Pada musim hujan, masalah yang kerap terjadi adalah banjir. Apalagi jika daerah tersebut terletak di sekitar aliran sungai, banjir selalu menjadi ancaman yang datang tanpa diduga. Banyak kerugian yang dialami karena banjir, baik harta benda bahkan korban jiwa. Pasca terjadinya peristiwa banjir, pemilik rumah biasanya harus melakukan perbaikan lagi pada hunian supaya layak ditempati.

Penyebab Banjir

Biasanya, banjir berasal dari air sungai yang meluap akibat hujan yang terus-menerus. Di samping itu, banjir bisa terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, misalnya membuang sampah sembarang. Hal tersebut akan menyebabkan aliran sungai tersumbat dan air sungai pun dapat meluap ke daratan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu tahu apa saja penyebab banjir yang terjadi di lingkungan kita. Berikut penjelasannya.

     1. Penyumbatan

Salah satu penyebab banjir adalah adanya penyumbatan aliran sungai atau aliran air selokan. Penyumbatan ini terjadi karena masyarakat terbiasa membuang sampah sembarangan. Sampah yang menumpuk inilah yang menyumbat aliran air sehingga dapat menyebabkan banjir.

     2. Intensitas hujan tinggi

Penyebab banjir lainnya adalah intensitas hujan yang sangat tinggi. Akibatnya, sungai tidak mampu untuk menampung volume air. Kapasitas yang berlebihan ini membuat air meluap ke pinggir sungai bahkan ke pemukiman dan menyebabkan banjir.

     3. Penebangan pohon

Banjir juga dapat terjadi karena ada aktivitas penebangan pohon yang tidak terkendali. Hal ini berdampak terhadap lingkungan yaitu menyebabkan daerah penyerapan air berkurang. Akibatnya, air hujan tidak terserap sepenuhnya dan menyebabkan banjir. Minimnya daerah resapan juga disebabkan karena tanah lebih banyak tertutup aspal atau beton.

Mitigasi Bencana Banjir di Rumah

Perlu diketahui bahwa banjir terdiri atas tiga jenis, yaitu banjir (genangan) yang terjadi karena air hujan lokal di daerah itu, banjir bandang yaitu banjir yang terjadi karena tersumbatnya aliran sungai, dan banjir rob yaitu banjir yang terjadi karena ketinggian permukaan tanah lebih rendah daripada air laut pasang.

Apabila rumah Anda terletak di daerah yang rawan banjir, kewaspadaan perlu ditingkatkan terutama pada musim hujan. Beberapa upaya mitigasi bencana banjir di rumah yang bisa dilakukan, yakni sebagai berikut.

  1. Adanya penataan daerah aliran sungai secara terpadu. Lahan harus digunakan sesuai fungsinya. Jika tidak ditujukan untuk pemukiman, Anda sebaiknya tidak membangun rumah di tempat tersebut.
  2. Daerah yang terletak lebih rendah dari permukaan laut dapat menggunakan pompa untuk menanggulangi air yang melimpah.
  3. Program penghijauan harus terus dilakukan demi membentuk area resapan yang optimal.

Bukan hanya merusak barang dan rumah, gerakan arus air yang deras juga dapat menghanyutkan orang, binatang, bahkan benda-benda. Puing yang dibawa oleh air juga dapat melukai dan merusak. Lumpur dan polutan lain juga dapat merusak tanaman pangan dan isi bangunan.

Dampak banjir secara keseluruhan dapat merusak sarana dan prasarana serta dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti diare dan saluran pernafasan. Dengan itu, lakukan upaya pencegahan sebaik mungkin untuk menghindari kerugian yang lebih banyak.

Baca juga: Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Indonesia.