04 Maret 2019 09:36:03

Gabung ke Tim BOS Reguler Sekolah, Guru Bisa Ikut Kelola Dana BOS

Pembentukan tim BOS sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2019.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi program pemerintah untuk meringankan biaya sekolah. Dana BOS akan disalurkan ke sekolah-sekolah yang kemudian diberikan kepada peserta didik.

Dana BOS dapat tersalurkan dengan baik apabila dikelola dengan baik. Untuk itu, perlu dibentuk tim pengelola dana BOS. Tim pengelola dana BOS dapat dibentuk dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga sekolah.

Pembentukan tim BOS sudah diatur dalam Peraturan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2019. Dalam peraturan tersebut dijabarkan struktur dan tugas setiap tim BOS dari semua tingkatan.

Struktur Keanggotaan Tim BOS Reguler Sekolah

Tim BOS Reguler Sekolah menjadi tim penting dalam penyaluran dana BOS. Pasalnya, tim ini akan bertugas dalam penyaluran dana BOS secara langsung kepada peserta didik. Dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019, struktur keanggotaan Tim BOS Reguler Sekolah telah diatur. Struktur keanggotan Tim BOS Reguler Sekolah dapat dilihat dari bagan berikut ini.


Tugas dan Tanggung Jawab Tim BOS Reguler Sekolah

Setelah terbentuk, Tim BOS Reguler sekolah diharapkan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya seperti yang telah diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pelaksanaan Tugas

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Tim BOS Reguler Sekolah. Adapun yang perlu diperhatikan oleh Tim BOS Reguler Sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 adalah sebagai berikut.

  1. bersedia diaudit oleh lembaga yang memiliki kewenangan melakukan audit sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-perundangan terhadap seluruh dana yang dikelola Sekolah, baik yang berasal dari BOS Reguler maupun dari sumber lain; dan/atau
  2. dilarang bertindak menjadi distributor atau pengecer pembelian buku kepada peserta didik di Sekolah yang bersangkutan.

Aturan tentang teknis bantuan operasional sekolah reguler secara lengkap dapat dibaca dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019. Salinan dokumen Permendikbud Nomor 3 tahun 2019 dapat diunduh melalui laman https://jdih.kemdikbud.go.id/ atau klik di sini.

Baca juga: Peran Guru dalam Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Reguler.