19 Maret 2019 08:48:46

Mengarahkan Minat Anak yang Suka Menggambar

Tugas orang tua adalah mengarahkan anak supaya dapat mengasah kecerdasan tersebut.

Pernahkah Anda melihat anak gemar mencoret-coret dinding atau sangat tertarik pada warna, garis, bentuk, dan ruang? Berdasarkan ciri-ciri tersebut, anak cenderung memiliki kecerdasan visual-spasial. Menurut Howard Gardner dalam teori Multiple Intelligences, kecerdasan visual-spasial adalah salah satu dari 8 jenis kecerdasan lainnya.

Teori Kecerdasan Visual

Dalam teori kecerdasan visual-spasial, seseorang mudah mengenal dan merancang bentuk. Mereka dapat mengimajinasikan kubus dan menggambarkannya dalam sketsa secara mendetail.

Mereka juga dapat mengenal warna yang memiliki beberapa gradasi, bukan hanya warna dasar. Bahkan, mereka dapat membayangkan sebuah garis vertikal dan horizontal menjadi sebuah bentuk dan ruang. Tak heran, anak yang memiliki kecerdasan visual akan senang mencoret-coret atau menggambar.

Tugas orang tua adalah mengarahkan anak supaya dapat mengasah kecerdasan tersebut. Tujuannya, ia kelak bisa memilih profesi yang tepat dan menjalani hidupnya dengan penuh passion.

Potensi Profesi

Jika anak suka menggambar, orang tua perlu memberikan dukungan dalam berbagai bentuk. Ada sejumlah potensi pengembangan profesi untuk anak gemar menggambar, yakni sebagai berikut.

1. Pelukis

Tidak semua orang bisa menyapukan kuas di atas kanvas dan menghasilkan lukisan yang menarik. Anak yang gemar menggambar memiliki potensi besar untuk menjadi pelukis yang hebat. Saat ini, karya seni lukis cukup dihargai, khususnya oleh para kolektor dan penikmat lukisan.

2. Ilustrator

Ilustrator merupakan seniman yang berprofesi khusus dibidang seni rupa, umumnya sebagai pencipta atau penyedia gambar ilustrasi. Anak yang gemar menggambar bisa menjadi seorang ilustrator. Melalui hasil karya ilustrator, sebuah bacaan akan menjadi lebih menarik.

3. Arsitek

Anak hobi membuat sketsa rumah atau bangunan tertentu? Bisa jadi, ia akan menjadi seorang arsitek ternama. Orang tua hanya perlu mengarahkan hobi ini supaya anak semakin ahli dalam menggambar. Profesi arsitek sangat potensial dan dibutuhkan pada zaman sekarang.

4. Desainer Pakaian

Anak yang senang menggambar juga bisa diarahkan menjadi desainer pakaian. Profesi ini dibutuhkan dalam industri busana. Para desainer pakaian merancang sebuah pakaian sehingga menjadi mode terbaru.

5. Desainer Grafis

Jasa para desainer grafis sangat dibutuhkan dalam pembuatan iklan, logo, cover buku, dan sebagainya. Mereka menciptakan sebuah desain supaya menarik pembaca atau pembeli. Profesi ini sangat dibutuhkan, khususnya oleh produk yang membutuhkan visualisasi tinggi.

Tips Mengarahkan Anak

Untuk mengarahkan minat anak gemar menggambar, salah satu cara yang bisa ditempuh oleh orang tua adalah dengan menyediakan fasilitas yang memadai. Orang tua bisa membelikan buku untuk menggambar serta peralatan menggambar.

Orang tua juga bisa mengikutkan anak di les menggambar atau melukis. Melalui cara ini, keahlian anak akan diasah lebih jauh. Di rumah, berikan waktu yang cukup bagi anak untuk mengembangkan kesukaannya itu. Dukungan berupa semangat dan pujian juga perlu. Hal ini akan mendorong anak untuk semakin intens berlatih.

Baca juga: Gaya Belajar untuk anak dengan Tipe Kecerdasan Visual-Spasial.