21 Maret 2019 08:33:19

Gemar Berolahraga, Ini Cara Orang Tua Dukung Minat Anak

Jangan hanya membiarkan anak bermain gadget, tetapi lakukan aktivitas yang melibatkan tenaga.

Olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar serta merangsang pertumbuhan tulang dan otot. Melalui latihan olahraga, anak juga dapat belajar untuk membangun koordinasi gerak dan keseimbangan. Apabila anak mengalami obesitas atau berat badan berlebih, aktivitas olahraga yang rutin akan membantu mengembalikannya pada kondisi semula.

Sebagian orang tua belum menyadari bahwa anak suka berolahraga merupakan bentuk kecerdasan kinestetik. Tidak semua anak memiliki kecerdasan ini. Hal tersebut dapat diamati dari perilaku sebagian anak yang pandai jika diminta untuk melakukan aktivitas fisik.

Mengenal Kecerdasan Kinestetik

Anak yang gemar berolahraga disebut memiliki kecerdasan kinestetik. Berdasarkan teori kecerdasan kinestetik, anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya tidak bisa diam atau terlihat lebih aktif daripada anak lainnya. Anak juga lebih mudah menggunakan tangannya untuk membentuk atau melakukan sesuatu.

Aktivitas yang dilakukan anak dengan sangat terampil, antara lain berlari, menari, melompat, membuat kerajinan tangan, atau beragam kegiatan fisik lainnya. Anak juga dapat menggunakan objek dengan mudah dan terampil untuk membentuk sesuatu. Anak pun memiliki kemampuan meniru gerakan dengan sangat pandai.

Mengarahkan Minat Anak

Ada beberapa cara untuk mengarahkan minat anak gemar berolahraga. Pertama, melakukan latihan keseimbangan. Salah satu bentuk aktivitas yang bisa dicoba adalah senam. Pada aktivitas ini, anak dapat melatih gerak sekaligus kekuatan dan kelenturan otot.

Tips kedua adalah mengajak anak untuk mengeksplorasi alam atau luar ruangan. Jangan hanya membiarkan anak bermain gadget, tetapi lakukan aktivitas yang melibatkan tenaga, misalnya berkebun, bersepeda. Sangat penting untuk membuat aktivitas ini menyenangkan sehingga anak terdorong untuk semakin menyukai olahraga.

Ketiga, ajaklah anak untuk melakukan kegiatan olahraga tertentu. Jika ada salah satu jenis olahraga yang ia sukai, jangan ragu untuk menyediakan pelatih khusus untuknya. Jika anak berlatih sejak dini, sangat besar kemungkinan ia akan tumbuh menjadi olahragawan andal.

Potensi Pengembangan Profesi

Anak yang berolahraga dengan serius sejak kecil sebagian besar dapat menjadi olahragawan. Namun, kualitas anak ketika dewasa bergantung pada seberapa besar usaha yang dilakukan orang tua dan anak melatih kecerdasan ini sejak dini.

Ada sejumlah jenis olahraga yang menjadi profesi favorit untuk digeluti di Indonesia, misalnya pemain bola, pemain bulu tangkis, petenis, pesepeda, dan sebagainya. Selain itu, potensi lainnya adalah menjadi guru olahraga, instruktur senam, dan personal trainer. Anak yang menyukai kegiatan fisik juga biasanya andal untuk menjadi penari.

Inilah potensi pengembangan profesi untuk anak gemar berolahraga yang perlu diketahui oleh orang tua. Apabila potensi ini dikembangkan dengan benar, anak memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi seorang olahragawan yang hebat.

Baca juga: Siswa Aktif Berkat Potensi Kecerdasan Kinestetik.