08 April 2019 09:10:03

5 Tempat Wisata Budaya yang Layak Dikunjungi

Salah satu bentuk kebudayaan lokal Indonesia adalah batik.

Berkunjung ke tempat wisata edukatif bertema kebudayaan pasti akan sangat seru dan menarik. Pasalnya, ada banyak hal unik yang mungkin tidak akan dijumpai anak dalam kesehariannya di tempat ini. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajak anak bersenang-senang dengan berlibur ke tempat-tempat yang menawarkan edukasi kebudayaan sambil belajar. Berikut adalah 5 tempat wisata edukatif bertema kebudayaan yang layak dikunjungi.

1. Museum Wayang

Sebagian besar anak-anak zaman sekarang sudah tidak akrab dengan wayang. Padahal, wayang merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia. Untuk mengenalkan anak lebih dekat dengan wayang, ajaklah ia berkunjung ke Museum Wayang yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Tamansari, Pinangsia, Jakarta Barat.

Di tempat ini, anak dapat mengetahui jenis-jenis wayang. Ada pula berbagai koleksi boneka dari negara-negara lain. Selain mempelajari seluk-beluk wayang, anak juga akan diajak untuk mengenal gamelan.

2. Wisata Halimun

Untuk berkenalan secara langsung dengan kebudayaan lokal Indonesia, Anda juga bisa mengajak anak untuk berkunjung ke Desa Wisata Malasari dan desa lain yang termasuk dalam gugusan Halimun. Desa wisata ini menawarkan keindahan alam sekaligus kekayaan budaya dan kearifan lokal yang masih kental.

Berbagai upacara tradisional juga masih banyak digelar sehingga pengunjung dapat mengenal lebih jauh kehidupan masyarakat aslinya. Ada sarana akomodasi yang memadai di tempat ini sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin bermalam.

3. Galeri Indonesia Kaya

Anda dapat memperkenalkan lebih jauh lokalitas kepada anak saat berkunjung ke Galeri Indonesia Kaya. Menariknya, lokasi tempat ini berada di dalam mal, yaitu Grand Indonesia. Berbagai informasi tentang seni dan budaya disajikan secara modern dan digital, misalnya lewat Kaca Pintar Indonesia, Video Mapping, Melodi Alunan Daerah, dan sebagainya.

Ada pula fasilitas auditorium yang menjadi tempat pertunjukan berbagai kesenian dan kebudayaan daerah di Indonesia. Dengan desain yang eksklusif, menikmati pagelaran musik atau tari daerah di tempat ini sangat nyaman.

4. Saung Angklung Udjo

Ingin mengenalkan kesenian angklung kepada anak? Ajak saja ke Saung Angklung Udjo yang terletak di Jl. Padasuka 118, Bandung. Tempat wisata edukatif berbasis budaya ini menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk anak, khususnya belajar memainkan angklung.

Anak juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan menarik, baik musik maupun tari-tarian daerah. Sembari berlibur, anak pun dapat mengenal langsung keunikan budaya Sunda di tempat ini.

5. Museum Tekstil

Salah satu bentuk kebudayaan lokal Indonesia adalah batik. Anda bisa mengajak anak untuk mengenal batik lebih dekat dengan berkunjung ke Museum Tekstil. Di sini, tersedia pula berbagai koleksi perlengkapan dan peralatan yang digunakan untuk membuat kain dari berbagai daerah. Museum Tekstil terletak di Jl. Aipda KS Tubun No. 2-4, Jakarta Pusat.

Bagi Anda yang ingin memperkenalkan anak lebih dekat dengan seni dan kebudayaan tradisional Indonesia, tempat-tempat ini layak menjadi pilihan. Berkunjung ke sini, anak dapat berlibur sekaligus belajar dengan menyenangkan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Edukatif Bertema Alam yang Layak Dikunjungi.