10 April 2019 08:59:58

5 Tempat Wisata Edukatif Bertema Sains yang Layak Dikunjungi

Supaya anak semakin menyukai sains, ada baiknya mengajaknya berlibur ke tempat-tempat wisata seperti ini.

Ada banyak tempat wisata edukatif yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya, tempat wisata edukatif bertema sains. Di Indonesia, terdapat sejumlah destinasi yang menawarkan pengalaman seru dalam mempelajari ilmu tertentu, misalnya Observatorium Bosscha. Di tempat ini, anak dapat belajar ilmu astronomi sembari meneropong bintang.

Supaya anak semakin menyukai sains, ada baiknya mengajaknya berlibur ke tempat-tempat wisata seperti ini. Berikut 5 tempat wisata edukatif bertema sains yang layak untuk dikunjungi.

1. Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu objek wisata edukatif bertema sains yang berada di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No 1-3, Yogyakarta. Ada sejumlah wahana menarik berbasis sains yang bisa dikunjungi di Taman Pintar. Di Gedung Oval, misalnya, ada zona generator Van de Graaf, Generator Pedal, dan Terowongan Ilusi.

Ada pula sejumlah wahana bermain outdoor, seperti Pipa Bercerita, Koridor Air, dan Dinding Berdendang. Di tempat-tempat ini, anak dapat bermain sekaligus belajar sains.   

2. Observatorium Bosscha

Bagi Anda yang tinggal di Lembang, Bandung atau pernah ke daerah ini, nama Observatorium Bosscha tentu tidak asing. Ini merupakan salah satu tempat untuk melakukan peneropongan bintang yang paling tua di Indonesia. Ada sejumlah teleskop yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk memantau langit, antara lain teleskop Refraktor Ganda Zeiss dan teleskop Schmidt Bima Sakti.

Anda dapat mengajak anak untuk berkunjung ke tempat ini pada siang maupun malam hari. Untuk melakukan kunjungan malam, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

3. Museum Tubuh

Museum Tubuh berada di Batu, Malang, tepatnya di Jl. Kartika No.2, Sisir. Di tempat ini, Anda dapat mengajarkan anak berbagai hal seputar tubuh dari sudut pandang sains. Terbagi atas beberapa zona, museum ini dirancang dengan sangat menarik. Anak pun dapat belajar tentang mata atau gigi dengan sangat mudah. Atraksi lain yang menarik untuk dilihat di Museum Tubuh adalah 3D Cinema dan Hall of Fame.

4. Planetarium, Jakarta

Salah satu tempat menarik yang merupakan wisata edukatif berbasis sains di Indonesia adalah Planetarium. Objek wisata ini berada di Jakarta, tepatnya di daerah Cikini, Menteng. Seperti di Observatorium Bosscha, Anda juga bisa mengajak anak mempelajari benda-benda langit di tempat ini. Tempat ini dibuka pada Senin-Jumat pada pukul 08.00-15.00 WIB.

5. Jakarta Aquarium, Jakarta

Ingin mengajarkan tentang kehidupan laut kepada anak? Ajaklah anak untuk berkunjung Jakarta Aquarium. Objek wisata yang satu ini memiliki sejumlah atraksi, antara lain Sea Explorer dan Pearl of The South Sea. Anak juga dapat menikmati pengalaman seru di Otter Tunnel, Touch Pool, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Wisata Sejarah yang Layak Dikunjungi Bersama Anak.