12 April 2019 09:07:28

Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat untuk Anak

Asuransi pendidikan dapat dicairkan sesuai periode pendidikan, baik ketika anak masuk SD, SMP, SMA, maupun kuliah.

Salah satu kewajiban orang tua adalah memastikan anak memperoleh kesempatan sebesar-besarnya untuk belajar di sekolah yang baik dan berkualitas. Namun, bukan lagi rahasia jika biaya pendidikan pada zaman sekarang sangat mahal. Orang tua harus merogoh kocek demi bisa menyekolahkan anak di tempat yang tepat.

Mahalnya biaya pendidikan membuat orang tua harus pandai memutar otak. Bukan hanya untuk menambah pendapatan, melainkan juga untuk memanfaatkan strategi-strategi khusus, termasuk asuransi pendidikan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Manfaat asuransi pendidikan yang paling utama adalah memberikan perlindungan kepada orang tua sekaligus kepastian atas dana pendidikan anak. Asuransi pendidikan dapat dicairkan sesuai periode pendidikan, baik ketika anak masuk SD, SMP, SMA, maupun kuliah.

Dengan memiliki asuransi pendidikan, orang tua akan merasa lebih tenang karena dana yang dibutuhkan untuk menyekolahkan anak telah disisihkan sejak awal. Dalam rangka membeli asuransi pendidikan tersebut, orang tua memang harus membayarkan sejumlah angsuran tiap bulan.

Jenis Asuransi Pendidikan

Sebelum membeli asuransi pendidikan, Anda tentu perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Pada umumnya, ada dua jenis asuransi pendidikan, yaitu endowment dan unitlink. Endowment adalah asuransi pendidikan dwiguna yaitu asuransi yang memberikan proteksi sekaligus merupakan tabungan.

Sebagai proteksi, asuransi pendidikan dapat dicairkan dalam bentuk uang pertanggungan apabila tertanggung meninggal dunia. Sementara itu, tabungan adalah manfaat yang bernilai pasti dan dijamin pencairannya.

Jenis asuransi pendidikan unitlink adalah asuransi dengan unsur investasi di dalamnya. Jadi, selain elemen proteksi dan perlindungan jiwa, elemen lainnya adalah investasi yang nilai pencairannya tidak pasti. Selain itu, biasanya ada biaya-biaya yang harus dibayarkan dalam asuransi pendidikan unitlink.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Karena ada begitu banyak pilihan, orang tua harus bisa menentukan asuransi pendidikan yang tepat dan sesuai kemampuan ekonomi. Sebaiknya, pilihlah jenis asuransi yang preminya terjangkau oleh pendapatan bulanan. Ada beberapa tips memilih asuransi pendidikan sesuai kemampuan orang tua, yakni sebagai berikut.

Pertama, buat rencana pendidikan untuk anak. Setiap orang tua pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Namun, Anda harus memiliki rencana yang detail mengenai pendidikan anak. Apakah Anda ingin anak kuliah hingga S1 atau S2? Di mana Anda berencana untuk menyekolahkan anak, sekolah negeri atau swasta?

Kedua, lakukan riset sederhana mengenai biaya pendidikan anak. Biaya pendidikan pada tiap strata pendidikan berbeda. Bahkan, biaya pendidikan pada tiap sekolah juga tidak sama. Anda setidaknya harus memiliki perbandingan yang tepat untuk mengetahui rata-rata biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.

Ketiga, pilihlah perusahaan asuransi tepercaya. Jangan sampai, Anda sudah membayar premi tiap bulan, tetapi prosedur klaim asuransi sangat rumit. Hal ini akan membuat Anda lebih repot dan bahkan rugi. Selain itu, pastikan juga fasilitas-fasilitas ekstra yang bisa dinikmati dari asuransi pendidikan ini.