13 April 2019 09:43:58

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran 2019 untuk Guru SD

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2019

Untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat, tenaga pendidik harus pandai berinovasi dan meningkatkan kemampuannya. Tujuannya supaya dapat melaksanakan tugasnya untuk mengawal proses pembelajaran di dalam kelas dengan optimal.

Pemerintah pun turut andil dalam mendukung peningkatan kualitas guru, khususnya guru SD (Sekolah Dasar) dengan menyelenggarakan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2019. Lomba ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru untuk menciptakan inovasi, baik dalam bentuk pendekatan, strategi, metode, teknik, atau media pembelajaran.

Tujuan Lomba INOBEL adalah untuk menghasilkan karya inovasi pembelajaran yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui lomba ini, para guru juga memiliki kesempatan untuk mendiseminasikan inovasi temuannya kepada para teman sejawat.

Jika Anda ingin mengikuti lomba ini, simak terlebih dahulu Juknis Lomba INOBEL 2019 berikut ini.

Persyaratan Peserta

Peserta harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut.

  1. Bukti Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  2. Bukti kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) yaitu scan fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh atasan.
  3. Bukti surat pernyataan tidak sedang dalam tugas belajar yang dibiayai oleh Pemerintah.
  4. Bukti surat keterangan dari kepala sekolah bahwa guru tersebut mengajar anak berkubutuhan khusus, bagi peserta kategori PGI.
  5. Pernyataan keaslian karya dan belum pernah menjadi juara I, II, atau II pada lomba yang sama yang diselenggarakan oleh Pemerintah dalam 3 tahun terakhir.
  6. Pernyataan tidak sedang diikutkan dalam perlombaan lain yang sejenis di tempat lain, baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  7. Pernyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut telah diseminasikan kepada teman sejawatnya yang diketahui oleh kepala sekolah dan dibuktikan dengan daftar hadir acara serta dokumentasi.
  8. Pernyataan bahwa karya ini bersifat orisinal dan bukan hasil plagiat atau reproduksi dari karya inovasi pembelajaran sebelumnya.
  9. Pernyataan bahwa karya ini bukan hasil studi akhir, skripsi, tesis, atau disertasi.

Persyaratan Naskah

Ada pun persyaratan naskah yang akan diikutkan lomba adalah sebagai berikut.

  1. Karya harus bersifat individual dan bukan kerja tim/kelompok.
  2. Satu guru hanya boleh mengirimkan satu naskah lomba.
  3. Karya lomba telah diimplementasikan dalam proses pembelajaran dan hasilnya sudah terlihat selama maksimal 2 tahun terakhir
  4. Naskah harus diketik dalam teknik dan sistematika penulisan yang sudah ditentukan. Sistematika tersebut adalah Sampul Naskah, Halaman Judul, Surat Pernyataan, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran.
  5. Naskah harus diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, maksimal 40 halaman.
  6. Naskah harus dikirimkan dalam bentuk salinan digital melalui laman https://kesharlindung.pgdiknas.kemdikbud.go.id.

Setelah naskah masuk ke panitia, ada 4 tahap seleksi yang akan dilakukan. Seleksi tahap I adalah untuk memeriksa kelengkapan dokumen dan kesesuaian dengan pedoman yang telah ditentukan.

Seleksi tahap II adalah untuk menilai substansi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri. Pada tahap ini akan dipilih 60 peserta dari tiap kategori lomba. Ke-60 peserta ini akan diundang ke tingkat nasional untuk mengikuti workshop.

Seleksi tahap III adalah untuk menentukan 34 peserta yang telah mengikuti workshop dan berhak untuk mempresentasikan karyanya. Seleksi tahap IV adalah untuk menentukan peringkat I, II, dan III dari setiap kategori lomba.

Klik di sini untuk mengunduh Pedoman INOBEL SD Tahun 2019.