24 April 2019 08:43:34

Pedoman Olimpiade Guru Nasional Dikdas

Tujuan kegiatan OGN Dikdas diharapkan dapat menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di antara para guru.

Olimpiade Guru Nasional Dikdas (OGN Dikdas) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya melalui kompetensi profesional guru dalam suatu ajang yang kompetitif. Dengan kompetensi yang terus meningkat, karier guru pun dapat mengalami dampak yang positif.

OGN Dikdas telah dilaksanakan sejak 2016 lalu. Peserta OGN Dikdas adalah guru-guru SD dan SMP di seluruh wilayah di Indonesia. Pelaksanaan OGN Dikdas bersifat bertahap dan berjenjang, mulai dari seleksi tingkat kabupaten hingga tingkat nasional.

Tujuan Kegiatan OGN Dikdas

Tujuan kegiatan OGN Dikdas yang menjadi latar belakang penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat di antara para guru. Budaya kompetitif tidak selalu negatif asalkan dikelola dengan baik. Hasilnya, para peserta semakin terdorong untuk menambah kualitas dan kemampuan mengajarnya.

Tujuan lainnya adalah memotivasi guru untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun komitmen guru untuk terus meningkatkkan mutu pendidikan di sekolah. Adanya penghargaan yang bisa didapatkan pada akhirnya akan menjadi bonus.

Melalui kegiatan ini, para guru juga diharapkan dapat lebih paham dengan perubahan zaman, khususnya menuju era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan ini pun menjadi momen untuk menegaskan bahwa profesi guru tersebut terhormat, mulia, dan bermartabat.

Pedoman OGN Dikdas

Tema penyelenggaraan OGN Dikdas pada 2019 adalah “Membangun Guru Pendidikan Dasar yang Unggul untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21”. Berikut pedoman OGN Dikdas.

Selanjutnya, sejumlah tahap seleksi harus dilewati, baik berupa seleksi administrasi, tes tertulis secara luring, dan seleksi tingkat nasional yang berbentuk tes tertulis, eksperimen, dan penyampaian makalah atau presentasi. Untuk informasi yang lebih lengkap, klik di sini untuk mengunduh Pedoman Olimpiade Guru Nasional Dikdas Tahun 2019.

Baca juga: Pedoman Pemilihan Guru Pendidikan Dasar Berprestasi.