02 Mei 2019 14:33:57

Hardiknas dan Dunia Pendidikan Indonesia

Daftar Menteri Pendidikan Nasional Indonesia dari awal pemerintahan hingga sekarang.

Setiap tanggal 2 Mei, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional untuk mengingat perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Kini, navigator pendidikan Indonesia adalah menteri pendidikan. Dalam pemerintahan, menteri pendidikan bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan serta berperan dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Peran Menteri Pendidikan dalam Proses Pendidikan dan Kurikulum

Menteri pendidikan memiliki kebijakan terkait kurikulum pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang berjalan saat ini adalah kurikulum 2013. Meski kurikulum 2013 masih memiliki kekurangan, namun pemerintah dan menteri pendidikan berusaha mendorong proses pembelajaran tetap menggunakan kurikulum 2013. Terbukti sejak diumumkannya kurikulum 2013, menteri pendidikan dan pemerintah secara bertahap menerapkan penggunaan kurikulum 2013. Penerapan secara bertahap tersebut dilakukan sejalan dengan proses persiapan sekolah dan tenaga pendidik agar dapat menerapkan kurikulum secara maksimal.

Daftar Menteri Pendidikan Nasional Indonesia

Sejak kemerdekaan, Indonesia ternyata telah mengalami pergantian menteri pendidikan sebanyak 28 orang. Berikut daftar menteri pendidikan nasional dari awal pemerintahan hingga sekarang.