15 Mei 2019 08:36:42

Tips Mengenalkan Nilai Mata Uang kepada Anak

Tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak mengenal nilai mata uang.

Uang adalah alat pembayaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengenalkan mata uang kepada anak sangat penting. Tujuannya adalah supaya anak dapat belajar melakukan transaksi keuangan sederhana secara benar. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak mengenal nilai mata uang, antara lain sebagai berikut.

1. Bermain Jual Beli

Salah satu cara yang menarik dan seru untuk dilakukan adalah belajar dengan bermain jual beli. Sebagai contoh, bermain pasar-pasaran. Permainan yang satu ini bagus untuk anak karena dapat mengasah imajinasi anak sekaligus membantu anak mengenal fungsi uang.

Meskipun belum memahami sepenuhnya nilai yang tertera pada lembaran tersebut, setidaknya anak mengetahui bahwa semakin banyak lembaran uang yang dimiliki, nilainya semakin besar. Pemahaman sederhana ini memang tidak selalu tepat. Namun, seiring waktu berjalan, orang tua dapat membantu anak mengenal angka-angka pada uang tersebut.

2. Menemani Ibu Berbelanja

Cara lain yang bisa dilakukan adalah belajar dengan menemani ibu berbelanja. Kegiatan ini dapat dilakukan di pasar, swalayan, atau bahkan warung kelontong. Dengan ini, anak secara langsung akan melihat proses jual beli. Misalnya saat berbelanja di swalayan, ibu dapat memberitahukan kepada anak perihal mahal dan murah.

Anak pada umumnya belum memahami konsep mahal dan murah serta konsekuensi yang harus dihadapi jika memilih salah satu di antaranya. Apabila membeli barang mahal, anak perlu memahami bahwa uang yang harus dikeluarkan lebih besar. Sebaliknya, jika membeli barang yang lebih murah, uang yang harus dikeluarkan lebih kecil.

Pemahaman ini akan membantu anak untuk mengambil keputusan yang tepat, khususnya terkait kemampuan dalam membeli sebuah barang.

3. Ajari Anak Menabung

Anda juga dapat membantu anak belajar nilai mata uang dengan mengajari anak untuk rajin menabung. Sebelum memasukkan uang ke dalam celengan atau tempat penyimpanan, beritahukan nilainya terlebih dahulu.

Cara ini juga akan mengajarkan anak dua hal penting lain. Pertama, anak belajar untuk menabung dan tidak boros dalam menghabiskan uang. Kedua, anak belajar untuk berusaha yaitu menyimpan terlebih dahulu, sebelum berniat membeli sesuatu.

Mengenalkan nilai mata uang secara langsung kepada anak memang harus dengan cara yang tepat. Anda pun harus memastikan bahwa anak sudah cukup siap untuk memahami konsep uang sebagai alat pembayaran.

Melalui kegiatan ini, orang tua juga dapat menyisipkan nilai penting lain, yaitu mengenai usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang. Dengan demikian, anak dapat memahami bahwa nilai uang bukan sekadar angka, melainkan juga seberapa besar usaha untuk mendapatkan uang. Anak pun pasti akan lebih menghargai uang dan menggunakannya dengan lebih berhati-hati.