28 Februari 2019, 09:30:33 WIB
Sebelum Lakukan Pengadaan Koleksi Perpustakaan, Pahami Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!

Keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh banyak faktor. Salah satu faktor penentunya adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan. Setiap sekolah diharapkan dapat menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang baik agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar. Pemerintah telah menyediakan anggaran untuk penyediaan sarana dan prasarana melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan.

DAK fisik bidang pendidikan menjadi pedoman bagi pemerintah, satuan pendidikan, serta penyelenggaraan terkait dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana pendidikan pada satuan pendidikan. Dengan adanya DAK, setiap satuan pendidikan diharapkan dapat memiliki sarana dan prasarana sekurang-kurangnya sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Salah satu sarana yang bisa diajukan melalui DAK adalah pengadaan koleksi perpustakaan. Pengadaan koleksi perpustakaan ini bisa diajukan oleh berbagai tingkat satuan pendidikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan.

Agar dapat mengajukan pengadaan koleksi perpustakaan, setiap sekolah perlu memahami hal-hal yang telah diatur dalam Permendikbud Nomor 1 tahun 2019. Adapun hal-hal tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kriteria Khusus Penerima Koleksi Perpustakaan

Tidak semua sekolah dapat mengajukan pengadaan koleksi perpustakaan. Untuk bisa mengajukan pengadaan koleksi perpustakaan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah. Sekolah yang mengajukan pengadaan koleksi perpustakaan harus memiliki ruang perpustakaan atau setidaknya memiliki sudut baca. Selain itu, bagi sekolah yang sudah memiliki perpustakaan, jenis dan jumlah koleksi perpustakaan harus dianggap tidak memenuhi standar sarana ruang perpustakaan.

2. Jenis Koleksi Perpustakaan

Selain kriteria, sekolah juga harus mengetahui jenis koleksi perpustakaan yang bisa diajukan. Ada tiga jenis buku yang dapat diajukan melalui DAK fisik bidang pendidikan. Ketiga buku tersebut adalah buku pengayaan, buku referensi, dan buku panduan pendidik.

Buku pengayaan adalah buku yang memuat materi untuk memperkaya buku teks pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Buku referensi adalah buku yang isi dan penyajiannya dapat digunakan untuk memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, serta budaya secara dalam dan luas. Sementara itu, buku panduan pendidik adalah buku yang memuat prinsip, prosedur, deskripsi materi pokok, dan model pembelajaran untuk digunakan oleh para pendidik.

3. Persyaratan Teknis Buku Perpustakaan

Agar bisa melakukan pengadaan koleksi perpustakaan, sekolah wajib mengikuti persyaratan teknis yang sudah ditentukan. Persyaratan pertama adalah mencantumkan tanda lulus penilaian dari Puskurbuk Kemdikbud atau Kementerian Agama. Buku juga harus memiliki ISBN (Internatiomal Standard Book Number). Persyaratan kedua, buku koleksi yang dibeli harus sesuai dengan spesifikasi buku yang telah lulus penilaian dari Kemendikbud dan Kementerian Agama.

Untuk memahami tata aturan pengadaan koleksi perpustakaan secara lengkap, sekolah bisa mengunduh dokumen salinan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019 berserta lampirannya di laman https://jdih.kemdikbud.go.id/. Dokumen bisa juga diunduh di sini.