01 Maret 2019, 09:48:41 WIB
Syarat Pengadaan Peralatan Seni Budaya yang Wajib Sekolah Pahami

Seni budaya dan prakarya (SBdP) menjadi mata pelajaran yang dapat menumbuhkan rasa cinta seni dan budaya pada peserta didik. Mata pelajaran SBdP secara tidak langsung menjadi cara untuk melestarikan seni dan budaya lokal.

Agar mata pelajaran dapat tersampaikan dengan maksimal diperlukan peralatan seni budaya. Melalui program DAK fisik bidang pendidikan, pemerintah menyediakan kesempatan kepada setiap satuan pendidikan untuk mengajukan pengadaan peralatan seni budaya.  

Pengadaaan peralatan seni budaya melalui DAK fisik bidang pendidikan harus mendukung pembentukan karakter peserta didik. Selain itu, sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2019, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah yang ingin mengadakan peralatan seni budaya. Persyaratan tersebut dibedakan menjadi persyaratan umum dan persyaratan teknis.

Persyaratan Umum Pengadaan Peralatan Seni Budaya

Setiap sekolah yang akan mengadakan peralatan seni budaya wajib memenuhi persyaratan umum yang telah ditetapkan. Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Peralatan yang dibeli merupakan alat baru.
  2. Peralatan yang dibeli tanpa kerusakan dan cacat.
  3. Peralatan yang dibeli aman digunakan.

Persyaratan Teknis Pengadaan Peralatan Seni Budaya

Selain harus memenuhi persyaratan umum, pengadaan peralatan seni budaya juga harus memenuhi persyaratan teknis.


Pengadaan Alat Kesenian Tradisional

Pengadaan alat kesenian tradisional juga masuk dalam pengadaan peralatan seni dan budaya. Dalam mengajukan pengadan alat kesenian tradisional ada dua aspek yang harus dipenuhi. Kedua aspek tersebut adalah aspek umum dan aspek khusus.

1. Aspek Umum

Aspek umum pengadaan alat kesenian tradisional terkait dengan keadaan alat kesenian tradisional. Alat kesenian tradisional yang dibeli harus baru dan tanpa kerusakan atau cacat. Selain itu, alat kesenian tradisional juga harus aman, baik bagi pemakai mapun lingkungan.

2. Aspek Khusus

Aspek khusus pengadaan alat kesenian tradisional terkait dengan deskripsi atau spesifikasi alat kesenian tradisional. Setiap alat kesenian tradisional harus sesuai dengan deskripsi atau spesifikasi yang telah ditentukan. Detail spesifikasi alat kesenian tradisional dijadikan dasat untuk melakukan penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan dokumen pengadaan yang diperlukan untuk proses selanjutnya.

Untuk memahami tata aturan pengadaan peralatan seni budaya secara lengkap, sekolah bisa mengunduh dokumen salinan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2019 berserta lampirannya di laman https://jdih.kemdikbud.go.id/. Dokumen bisa juga diunduh di sini.

Baca juga: Sebelum Lakukan Pengadaan Koleksi Perpustakaan, Pahami Dahulu Hal-Hal Berikut Ini!