05 Maret 2019, 08:58:32 WIB
Lewat Komite Sekolah, Orang Tua Bisa Ikut Kelola Dana BOS

Bantuan Operasional Sekolah diharapkan dapat mengurangi permasalahan anak putus sekolah. Untuk itu, penyaluran dana BOS harus dilakukan dengan baik agar tepat sasaran. Penyaluran dana BOS dapat disalurkan dengan baik apabila terjalin kerja sama dari semua pihak, baik dari pihak sekolah maupun orang tua.

Orang tua dapat terlibat dalam pengelolaan dana BOS dengan bergabung dalam komite sekolah. Hal itu juga telah diatur dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 tahun 2019.

Keanggotaan Komite Sekolah

Ada tiga unsur yang menjadi anggota komite sekolah. Ketiga unsur tersebut adalah orangtu/wali peserta didik yang masih aktif, tokoh masyarakat, dan pakar pendidikan.

Porsi jumlah setiap unsur adalah 50% dari orang tua/wali peserta didik yang masih aktif, 30% tokoh masyarakat, dan 30% pakar pendidikan. Jumlah anggota komite sekolah paling sedikit lima orang dan paling banyak lima belas orang.

Tugas Komite Sekolah

Komite sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Komite sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan.

Terkait dengan fungsi tersebut, komite sekolah memiliki beberapa tugas yang harus dilakukan. Tugas komite sekolah adalah sebagai berikut.

Komite Sekolah dalam Pengelolaan Dana BOS

Selain tugas yang telah disebutkan di atas, komite sekolah juga dapat bergabung dalam Tim BOS Reguler Sekolah. Dengan bergabung dengan Tim BOS Reguler Sekolah, komite sekolah dapat terlibat dalam pengelolaan dana BOS.

Orang tua/wali peserta didik yang tidak tergabung dalam komite sekolah pun juga dapat ikut dalam pengelolaan dana BOS. Hal tersebut tertuang dalam Lampiran I Permendikbud Nomor 3 tahun 2019 yang mengatur struktur keanggotaan Tim BOS Reguler Sekolah. Adapun struktur keanggotan Tim BOS Reguler Sekolah dapat dilihat melalui bagan berikut ini.

Setelah bergabung sebagai Tim BOS Reguler Sekolah, setiap anggotanya wajib melaksanankan semua tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu, setiap anggota juga harus menaati aturan yang berlaku.

Untuk mengetahui tugas, tanggung jawab, dan ketentuan yang dibebankan kepada Tim BOS Reguler Sekolah secara lengkap, kita dapat membaca Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019. Salinan dokumen Permendikbud Nomor 3 tahun 2019 dapat diunduh melalui laman https://jdih.kemdikbud.go.id/ atau klik di sini.

Baca juga: Gabung ke Tim BOS Reguler Sekolah, Guru Bisa Ikut Kelola Dana BOS.