14 Maret 2019, 09:34:06 WIB
Kisi-kisi USBN SD 2019 Matematika

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar akan dilaksanakan pada 22 – 24 April 2019. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara telah merilis kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Penyusunan Soal USBN Matematika SD 2019

Soal-soal USBN akan disusun oleh pusat dan masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Banyaknya soal yang disusun oleh pusat adalah 20% - 25 %, sedangkan soal yang akan disusun oleh MGMP/KKG/Forum tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah sebanyak 70 % - 75 %.

Untuk mata pelajaran Matematika, jumlah soal yang akan diujikan sebanyak 35 soal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

Persiapan USBN Matematika SD 2019

Nilai USBN akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih lanjut. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan dengan baik agar hasil yang diperoleh maksimal.

Salah satu hal penting untuk mempersiapkan USBN adalah mengetahui kisi-kisi yang sudah ditetapkan secara resmi oleh BSNP. Kisi-kisi digunakan untuk memberi batasan kepada siswa terkait materi apa saja yang harus dikuasai, sehingga memudahkan siswa untuk fokus pada materi yang akan diujikan.

Setelah mengetahui kisi-kisi USBN, siswa diharapkan rajin mengerjakan latihan soal terkait materi yang sesuai dengan kisi-kisi. Dengan banyak berlatih, siswa akan lebih siap menghadapi USBN.

Kisi-kisi USBN Matematika SD 2019

Pada kisi-kisi USBN Matematika, terdapat tiga lingkup materi yang akan diujikan, yaitu bilangan, geometri dan pengukuran, serta pengolahan data. Selain itu, level kognitif yang diujikan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, serta penalaran.

Soal dengan level kognitif penalaran dimungkinkan akan menjadi soal HOTS. Pada level ini, siswa diharapkan mampu memprediksi, membedakan, menafsirkan, dan menyimpulkan permasalahan yang terdapat pada soal.

Soal HOTS memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibanding dengan soal-soal yang lain. Oleh sebab itu, siswa harus sering berlatih mengerjakan soal-soal HOTS.

Klik di sini untuk mengunduh kisi-kisi USBN SD 2019 Matematika.

Baca juga: Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Matematika SD.