15 April 2019, 08:52:15 WIB
Pedoman Pemilihan Guru Pendidikan Dasar Berdedikasi 2019

Salah satu program Kesharlindungdikdas (Kesejahteraan Penghargaan dan Perlindungan Guru Pendidikan Dasar) adalah pemilihan guru pendidikan dasar berdedikasi. Program ini dilaksanakan dalam rangka membina kompetensi guru yang merupakan tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dedikasi adalah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai keberhasilan. Dalam konteks dunia pendidikan, dedikasi adalah pengabdian guru untuk memastikan seluruh peserta didik memperoleh pendidikan yang memadai.

Tujuan kegiatan pemilihan guru pendidikan dasar berdedikasi ini penting sebab ada beragam tantangan kompleks dan yang dihadapi oleh para pendidik, khususnya di daerah-daerah tertentu. Sebagai contoh, daerah yang masih tertinggal dari sisi pembangunan. Selain tantangan juga dihadapi oleh guru yang mengabdi di daerah yang terisolir dari perkembangan peradaban.

Pedoman Pemilihan Guru Pendidikan Dasar Berdedikasi

Untuk memilih Guru Pendidikan Dasar Berdedikasi, ada sejumlah asas penghargaan yang diterapkan, yaitu asas akuntabilitas, asas keadilan, asas demokrasi, asas keterbukaan, asas demokrasi dan promosi, asas penghargaan, dan asas arus bawah. Sasarannya adalah seluruh guru Pendidikan Dasar (SD dan SMP), baik PNS maupun non-PNS yang dianggap berdedikasi.

Ada pun persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh calon penerima penghargaan adalah sebagai berikut.

  1. Berstatus sebagai guru PNS atau guru bukan PNS.
  2. Pendidikan minimal S-1 atau D-4.
  3. Guru bersertifikat pendidik.
  4. Memiliki NUPTK.
  5. Melaksanakan tugas sebagai guru Pendidikan Dasar sekurang-kurangnya 8 tahun secara terus-menerus di sekolah yang bersangkutan dan dibuktikan dengan fotokopi SK penempatan.

Jalur Pendaftaran Guru Berdedikasi

Ada dua jalur yang dapat dilalui untuk melakukan pendaftaran peserta pemilihan guru berdedikasi, yakni sebagai berikut.

1. Jalur Reguler

Peserta diajukan melalui dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mengikuti pemilihan di tingkat nasional. Syaratnya adalah menunjukkan dedikasi tinggi terhadap tugasnya dan dibuktikan dengan surat pernyataan dari atasan.

Pendaftar juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat yang dibuktikan dengan pernyataan dari teman sejawat dan masyarakat setempat. Peserta merupakan hasil seleksi dari kabupaten/kota dan ditunjuk oleh dinas pendidikan provinsi.

2. Jalur Penelusuran

Peserta diajukan melalui yayasan penyelenggara pendidikan atau perorangan untuk mengikuti pemilihan tingkat nasional. Syaratnya adalah menghadapi tantangan pengabdian yang ekstrem, misalnya karena kondisi lingkungan alam yang berat.

Peserta melakukan terobosan perubahan sosial di daerah 3T (terluar, tertinggal, dan terdepan). Peserta melakukan aktivitas yang menarik perhatian (viral) terkait dedikasi yang kompeten sebagai guru. Peserta mengajukan diri atas nama pribadi, masyarakat pendidikan, atau penyelenggara pendidikan.

Ada pun pejabat yang berhak menetapkan keputusan guru Pendidikan Dasar Berdedikasi adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi mengetahui dan menetapkan usulan nama yang dikirimkan ke panitia pusat untuk diseleksi secara nasional.

Sejumlah metode penilaian digunakan untuk memilih guru berdedikasi, yaitu rubrik penilaian portofolio, tes tertulis, psikotes, wawancara mendalam, sosiometri, trianggulasi terhadap orang di sekitar peserta, dan best practice. Pemilihan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para guru untuk terus meningkatkan dedikasi terhadap tugasnya sebagai pendidik.

Klik di sini untuk mengunduh Pedoman Pemilihan Guru Berdedikasi Tahun 2019.