05 Juli 2017, 15:25:17 WIB
Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Ada banyak cara untuk membangun komunikasi dan interaksi yang positif antara orang tua dengan anak-anaknya. Komunikasi dan interaksi tersebut dibutuhkan agar hubungan antara orang tua dengan anak berjalan dengan harmonis. Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan untuk membangun kedekatan antara orang tua dengan anak, salah satunya melalui aktifitas mendongeng. Waktu yang biasanya sering digunakan untuk membacakan dongeng ialah pada saat anak istirahat siang atau ketika akan tidur di malam hari.

Bagi orang tua, aktifitas membaca dongeng merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan anak-anaknya setelah bekerja sehari penuh. Cara tersebut juga merupakan salah satu bentuk curahan kasih sayang dan perhatian orang tua kepada anaknya. Komunikasi yang dijalin ketika mendongeng akan menjadi waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengenal sejauh mana perkembangan pada anaknya. Bukan hanya bagi orang tua, manfaat mendongeng dapat dirasakan oleh anak-anak. Berikut beberapa manfaat mendongeng bagi anak-anak.

1.    Mengenalkan Nilai-nilai Terpuji

Dalam sebuah dongeng kita akan menemukan karakter-karakter seperti putri, raja, hewan, tumbuhan, atau makhluk hidup lainnya yang memiliki karakter baik hati dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati serta sikap tolong menolong. Dari karakter tersebut anak akan belajar nilai-nilai terpuji dalam dirinya. Dengan mendongeng, pesan-pesan moral dan etika yang akan ditanamkan pada anak akan lebih mudah diterima dibanding dengan menasihati anak dengan kata-kata orang tuanya.

2.    Mengembangkan Imajinasi Anak

Cerita-cerita dongeng yang berada di luar logika orang dewasa justru dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Cerita fiksi yang berada di luar logika akan mengembangkan daya kreasi anak sejak dini. Cobalah untuk berbicara lebih intens dengan anak setelah membacakan dongeng. Berilah anak kesempatan untuk mengungkapkan sendiri cerita yang ada dalam dongeng tersebut. Dari sana orang tua akan melihat arah imajinasi anak, hal tersebut memudahkan orang tua mengarahkan imajinasi anak ke arah yang positif.

3.    Menumbuhkan Minat Baca sejak Dini

Minat baca yang rendah ketika dewasa bisa disebabkan karena tidak adanya pembiasaan sejak dini. Hal tersebut dapat diubah dengan menanamkan minat baca lewat dongeng yang menarik. Alur cerita yang menarik dalam sebuah dongeng akan menarik perhatian anak untuk membaca dongeng-dongeng yang lain. Inilah waktu yang tepat untuk mengenalkan buku sebagai salah satu teman bermain yang menyenangkan bagi anak. Menanamkan budaya membaca dalam keluarga sangat penting agar anak mencintai buku hingga dewasa kelak.

Pada era digital, seluruh informasi dapat diakses secara mudah dengan menggunakan internet. Kita dapat mengakses berbagai dongeng dalam bentuk digital yang dikenal dengan electronic book atau buku elektronik. Buku elektronik ini bisa membantu orang tua untuk mengakses berbagai macam dongeng dari internet. Orang tua dan anak bisa mengakses berbagai macam dongeng di website Rumah Juara. Dengan mengakses Bacaan Anak di Rumah Juara, orang tua dapat mengakses berbagai macam dongeng untuk membangun dan interaksi yang positif dengan anak setiap hari.