07 Juli 2017, 15:34:30 WIB
Yuk, Cek Persiapan Anak untuk Hari Pertamanya Masuk Sekolah!

Tak terasa tinggal satu hari lagi anak kita akan mulai masuk sekolah. Kita sebagai orang tua tentu merasa cemas. Kita akan bertanya-tanya apakah anak kita dapat betah di sekolah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Perasaan cemas tersebut juga dirasakan oleh anak kita. Oleh sebab itu, kita perlu membantu anak kita untuk mempersiapkan dirinya.

Terkadang, orang tua lebih mementingkan kesiapan fisik dan mengabaikan kesiapan psikis buah hatinya. Baik fisik maupun psikis anak kita sama-sama penting untuk disiapkan sebelum mereka masuk sekolah. Satu hari sebelum mulai bersekolah, kita dapat membantu menyiapkan fisik dan psikis buah hati kita. Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan agar anak kita siap masuk sekolah keesokan harinya.

1. Membantu Menyiapkan Pakaian Sekolah Anak

Kita bantu anak kita menyiapkan seragam, sepatu, ikat pinggang, kaus kaki, dasi, dan topinya. Kita minta anak kita mencoba pakaian sekolah untuk memeriksa kelengkapannya. Jika ditemukan kerusakan kecil pada pakaian sekolah, kita akan memiliki waktu untuk memperbaikinya. Kita ajak anak kita merawat pakaian sekolahnya. Kita dapat meminta anak melipat pakaian sekolah dengan rapi atau menggantungnya pada hanger setelah disetrika.

2. Membantu Menyiapkan Perlengkapan Sekolah Anak

Kita bantu anak kita menyiapkan tas, buku, alat tulis, tempat minum, dan kotak bekalnya. Kita pastikan anak tidak membawa barang yang berat di dalam tas. Terkadang, anak ingin membawa semua perlengkapan sekolah yang dimilikinya. Jika hal itu terjadi, kita harus memberi pengertian bahwa mereka belum akan membutuhkan semua barang tersebut pada hari pertama sekolah. Kita bantu mereka memilih perlengkapan sekolah yang benar-benar dibutuhkan.

3. Mendiskusikan Hal-Hal Positif untuk Menenangkan Anak

Kita bantu anak kita agar siap masuk sekolah secara psikis. Kita ajak mereka mendiskusikan hal-hal positif agar mereka tidak takut masuk sekolah. Kita yakinkan mereka bahwa pengalaman di sekolah akan menarik sehingga mereka semangat. Kita minta mereka percaya diri saat berkenalan dengan teman baru. Kita dapat memberikan contoh cara memperkenalkan diri yang baik. Kita beritahukan kebiasaan-kebiasaan baik yang perlu diterapkan anak di sekolah seperti membuang sampah di tempat sampah, memberi salam kepada guru dan teman, serta mematuhi aturan sekolah. Kita ingatkan pula mereka untuk tidak membeli makanan di luar sekolah.

4. Mengajak Anak Tidur lebih Awal

Kita bantu anak kita agar siap bersekolah dengan menjaga fisiknya. Kita pastikan anak kita makan malam pada pukul enam sore dan tidur pada pukul delapan malam. Dengan tidur lebih awal, anak kita dapat bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi akan memberikan anak kita waktu yang cukup untuk bersiap masuk sekolah. Mereka juga tidak akan terlambat datang ke sekolah pada hari pertama. Jika mereka sulit tidur lebih awal, kita bantu dengan membacakan cerita atau membuatkan susu hangat.

persiapan sehari sebelum masuk sekolah