02 Agustus 2017, 13:35:40 WIB
Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Menghadapi Ujian Sekolah

Ujian merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala oleh sekolah untuk mengetahui tingkat keberhasilan anak dalam belajar. Sayangnya, ujian seringkali menjadi hal yang ditakutkan oleh anak karena akan menuntut mereka untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam soal. Ketakutan tersebut biasanya terjadi karena kurangnya persiapan anak sebelum menghadapi ujian. Sayangnya, tidak sedikit orang tua yang berpendapat bahwa keberhasilan ujian seorang anak hanya ditentukan oleh proses belajar ketika di sekolah. Padahal, proses pembelajaran di rumah juga ikut mendukung keberhasilan belajar seorang anak. 

Keberhasilan belajar anak ketika di rumah sangat dipengaruhi oleh peran orang tua. Ketika di rumah, orang tua harus memberikan dukungan terhadap proses belajar anak, terlebih ketika akan menghadapi ujian sekolah. Lalu dukungan apa saja yang bisa diberikan orang tua untuk membantu anak menghadapi ujian sekolah? Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendukung keberhasilan ujian sekolah anak.

1.  Berkomunikasi dengan Guru

Berkomunikasi dengan dengan guru penting dilakukan oleh orang tua untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh anak ketika belajar di sekolah. Bukan tidak mungkin anak mengalami masalah dalam menerima materi pembelajaran ketika di sekolah. Hal itulah yang harus diketahui oleh orang tua dari guru. Selain itu, komunikasi dengan guru juga berguna untuk menyamakan persepsi mengenai waktu maupun persiapan ujian sekolah yang akan dilaksanakan. Apabila orang tua merasa kurang paham mengenai pelaksanaan ujian yang akan dilaksanakan maka jangan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal tersebut akan membantu orang tua mempersiapkan ujian sekolah anak dengan lebih optimal.

2.  Menyiapkan Mental Anak

Hal yang tidak kalah penting untuk mempersiapkan ujian sekolah anak adalah menyiapkan mental anak. Apabila mental anak tidak siap, maka persiapan belajar anak tidak akan membuahkan hasil yang optimal karena anak merasa takut gagal, gugup, dan tidak teliti ketika mengerjakan soal ujian. Di sinilah orang tua harus memberikan pengertian kepada anak bahwa ujian bukan hal yang harus ditakuti. Jelaskan kepada anak agar tidak takut gagal sebab keberhasilan anak tidak hanya ditentukan dari ujian saja. Peran orang tua untuk mempersiapkan mental anak bisa dilakukan dengan mengingatkan anak agar belajar jauh-jauh hari sebelum ujian. Hal tersebut akan membantu menyiapkan kematangan anak ketika akan menghadapi ujian.

3.  Mengikutsertakan Anak dalam Bimbingan Belajar

Jika orang tua sudah mengetahui kendala yang dihadapi oleh anak ketika belajar, maka tugas orang tua selanjutnya adalah menentukan metode belajar yang sesuai bagi anak ketika di rumah. Mengikutsertakan anak dalam bimbingan belajar bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah belajar anak. Bimbingan belajar biasanya menerapkan metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah sebab sifatnya individual. Mengikutsertakan anak dalam bimbingan belajar akan membantu menemukan gaya belajar yang efektif bagi anak sehingga hasil belajar anak menjadi lebih optimal. 

4.  Menemani Anak Belajar

Hal yang tidak kalah penting dilakukan orang tua untuk membantu mempersiapkan ujian sekolah anak adalah menemani anak belajar. Menemani anak ketika belajar merupakan bentuk motivasi orang tua kepada anak. Dengan ditemani orang tua, anak akan lebih giat dan semangat dalam belajar karena anak akan merasa diperhatikan dan memperoleh dukungan penuh dari orang tua. Sesekali, orang tua bisa memberikan pujian dalam bentuk verbal atau reward positif ketika anak sudah bersungguh-sungguh dalam belajar.