06 September 2017, 08:39:24 WIB
Kiat Melakukan Belajar Efektif di Rumah

Sejak usia dini, orang tua berusaha membiasakan anak untuk belajar di rumah agar dapat menunjang prestasinya di sekolah. Namun, sudahkah orang tua mengajari anak bagaimana belajar yang efektif? Kegiatan belajar dikatakan efektif bila anak mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Tujuan pembelajaran dapat orang tua ketahui melalui buku pelajaran anak atau menanyakan langsung pada guru. Dengan mengetahui tujuan pembelajaran tersebut, maka orang tua akan lebih mudah dalam mengarahkan dan mendampingi anak saat belajar di rumah. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang sebaiknya dilakukan orang tua untuk mewujudkan belajar efektif bagi anak. Mari kita simak uraian berikut.

1.  Membimbing Anak untuk Mengelompokkan Bahan yang Harus Dipelajari

Seseorang akan belajar dengan efektif bila ia melakukan persiapan sebelum belajar, misalnya mengelompokkan bahan atau buku-buku yang akan dibaca. Pengelompokkan tersebut dapat disesuaikan dengan materi pelajaran. Pada awalnya, beri contoh pada anak bagaimana cara mengelompokkan buku sesuai materi pelajaran. Tanamkan pada anak bahwa mengelompokkan buku sesuai materinya akan mempermudah anak ketika mencari buku untuk belajar. Jika buku tidak dikelompokkan, maka anak akan menghabiskan banyak waktu ketika mencari buku yang ia butuhkan. Hal itu membuat belajar menjadi kurang efektif.

2.  Mengajarkan Anak Mengatur Waktu Belajar

Salah satu contoh mengatur waktu yang dapat diajarkan orang tua adalah melatih anak membuat jadwal belajar. Dengan adanya jadwal belajar tersebut, anak dapat memanfaatkan waktu belajar seefektif mungkin. Akan tetapi, orang tua tetap harus tetap memperhatikan kondisi anak. Jangan membuat jadwal belajar yang terlalu kaku. Jika anak terlihat lelah, maka selingi dengan istirahat atau ajak anak melakukan permainan saat jam belajar. Namun, pastikan konsentrasi utama anak tetap pada materi belajarnya. Jika anak telah terbiasa dengan jadwal belajar, maka bukan hanya dapat belajar secara efektif di rumah tetapi anak juga akan terbiasa disiplin.

3.  Ajarkan Anak untuk Tidak Menunda Pekerjaan

Orang tua sebaiknya meberi teladan pada anak untuk mengerjakan sesuatu tepat waktu. Jika anak terbiasa menunda belajar, dikhawatirkan beban materi yang harus ia pelajari menjadi semakin banyak. Hal tersebut dapat mengurangi keefektifan saat belajar. Meskipun awalnya sulit, orang tua tidak boleh menyerah untuk mengajari anak menepati jadwal atau rencana yang telah disusun sebelumnya. Tanamkan pula bahwa belajar tepat waktu akan membantu anak lebih cepat menguasai materi pelajaran.

4.  Biasakan Anak Membuat Rangkuman

Rangkuman adalah catatan ringkas seputar materi yang dipelajari anak. Latih anak untuk membuat ringkasan dengan kata-katanya sendiri. Selain itu, ajari anak untuk membuat ringkasan yang menarik, misalnya menulis ringkasan dengan rapi, memberikan warna-warna menarik pada bagian yang penting, dan bila perlu dapat ditambah dengan gambar yang sesuai dengan materi.

5.  Dampingi Anak Mengerjakan Soal-soal

Mengerjakan soal merupakan salah satu langkah untuk belajar efektif bagi anak. Dengan berlatih mengerjakan soal, maka anak akan berusaha mempelajari kembali materi pelajaran agar ia dapat mengerjakan soal dengan benar. Oleh karena itu, dril soal akan memudahkan anak untuk mengingat materi pelajaran. Salah satu situs pendidikan yang menyediakan soal-soal latihan untuk anak adalah Rumah Juara. Salah satu fitur Rumah Juara adalah bank soal bagi siswa SD. Terdapat ribuan soal yang bisa dengan mudah diakses orang tua dan anak melalui gadget. Untuk melihat bank soal tersebut, silakan ayah dan bunda bergabung bersama Rumah Juara!