20 September 2017, 10:45:06 WIB
6 Tips Memilih Bimbingan Belajar yang Tepat untuk Anak

Bimbingan belajar sering dijadikan orang tua sebagai solusi untuk mencapai tujuan belajar yang maksimal pada anak. Meskipun begitu, tidak jarang pula ada orang tua yang berpendapat bahwa bimbingan belajar akan membuat anak kehilangan masa bermainnya dengan terlalu sibuk untuk belajar. Namun, berdasarkan hasil belajar anak di sekolah, kebanyakan anak yang mengikuti bimbingan belajar biasanya memiliki prestasi yang lebih menonjol dibandingkan anak-anak yang tidak mengikuti bimbingan belajar.

Manfaat Mengikutsertakan Anak di Bimbingan Belajar

Dengan mengikuti bimbingan belajar, anak akan memperoleh berbagai manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kemampuan akademik anak akan meningkat. Bimbingan belajar menyediakan waktu belajar tambahan selain waktu belajar di sekolah. Dengan cara tersebut, anak akan lebih memahami materi pelajaran sehingga prestasi akademiknya juga meningkat.
  2. Waktu belajar lebih fleksibel. Bimbingan belajar akan memberikan waktu belajar yang lebih fleksibel untuk anak. Anak bisa menyesuaikan jadwal belajar dengan waktu yang tersedia.
  3. Pembelajaran menjadi lebih fokus. Bimbingan belajar akan memberikan fokus untuk mempelajari topik pelajaran yang sulit dikuasai oleh anak.
  4. Anak akan belajar hal baru. Metode belajar yang diterapkan pada bimbingan belajar biasanya lebih variatif dan merangsang keaktifan anak untuk belajar. Dari sana anak akan belajar hal baru yang akan memudahkan mereka untuk memahami materi pelajaran.

Tips Memilih Bimbingan Belajar

Dari sekian banyak bimbingan belajar yang ada, ada baiknya orang tua selektif dalam menentukan bimbingan belajar yang tepat untuk anak. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicermati orang tua dalam memilih bimbingan belajar yang tepat untuk anak.

1. Utamakan Kenyamanan Anak

Hal paling penting yang harus dipertimbangkan orang tua ketika memilih bimbingan belajar untuk anak adalah kenyamanan anak. Orang tua sebaiknya menanyakan keadaan sekitar bimbingan belajar. Bila perlu, ajak anak untuk berkeliling di tempat bimbingan belajar yang akan dipilih. Kemudian tanyakan kepada anak apakah bimbingan belajar tersebut disukai anak atau tidak.

2. Pelajari Profil dan Testimoni Alumni

Hal yang tidak kalah penting sebagai pertimbangan memilih bimbingan belajar adalah mempelajari profil dan juga testimoni dari para alumni bimbingan belajar tersebut. Keberhasilan sebuah bimbingan belajar terhadap hasil belajar seorang anak bisa dilihat dari profil dan juga testimoni dari para alumninya.

3. Perhatikan Fasilitas yang Diberikan

Fasilitas yang diberikan oleh bimbingan belajar sangat berkaitan dengan kenyamanan anak ketika mengikuti bimbingan belajar. Orang tua perlu memperhatikan fasilitas apa saja yang disediakan oleh pihak bimbingan belajar, baik itu fasilitas yang dibutuhkan untuk kenyamanan anak, maupun fasilitas yang bisa menunjang prestasi akademik anak.

4. Periksa Bahan Ajar yang Digunakan

Setiap bimbingan belajar memiliki bahan ajar tersendiri yang digunakan untuk memudahkan anak dalam menerima materi pelajaran. Orang tua perlu mencermati bahan ajar yang digunakan oleh bimbingan belajar. Sesuaikan dengan bahan ajar yang digunakan oleh sekolah tempat anak belajar.

5. Jangan Terlalu Jauh dari Rumah

Ada baiknya orang tua memilih bimbingan belajar yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga anak tidak terlalu lelah ketika mengikuti pembelajaran di tempat bimbingan belajar. Dengan begitu, proses belajar anak juga lebih efektif.

6. Perhatikan Rasio Peserta Bimbingan Belajar di Kelas

Umumnya, sebuah bimbingan belajar yang baik adalah satu pengajar memandu tidak lebih dari 10 anak. Jika jumlah anak dalam satu kelas melebihi jumlah tersebut kemungkinan proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan membuat daya tangkap anak terhadap materi pelajaran menjadi rendah.