30 Januari 2019, 09:24:19 WIB
Memahami Penyebab Anak Takut Berangkat ke Sekolah

Anak takut berangkat ke sekolah tentu bukan tanpa alasan. Beberapa orang tua kadang menyepelekan hal tersebut dan tidak mencari tahu lebih lanjut penyebabnya. Akibatnya, anak semakin enggan berangkat ke sekolah atau justru mencari solusi sendiri yang belum tentu baik untuknya.

Jika anak tidak nyaman di sekolah karena merasa takut, prestasi belajarnya tentu akan terpengaruh. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mencari tahu penyebab anak takut berangkat ke sekolah.

Tanda Anak Takut Sekolah

Sebelumnya, orang tua perlu memahami tanda-tanda anak takut berangkat ke sekolah. Sebagian anak mungkin tidak menyampaikannya secara eksplisit atau melalui kata-kata.

Penyebab Anak Takut ke Sekolah

Lalu, apa penyebab anak takut berangkat ke sekolah? Salah satunya adalah karena takut dengan orang-orang yang akan ditemuinya di sekolah. Orang yang dimaksud bisa jadi guru, teman, atau orang lain yang berada di sekitar lingkungan tempatnya belajar.

Ketakutan ini disebabkan oleh banyak hal. Anak mungkin mengalami pelecehan, perundungan, pemerasan, atau masalah-masalah lain yang tidak diketahui orang tua atau pihak sekolah.

Selain itu, penyebab rasa takut lainnya adalah karena anak tidak mampu mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Tak heran jika ia merasa malu hingga takut apabila bertemu dengan guru atau teman-temannya.

Mengatasi Anak Takut ke Sekolah

Orang tua dan anak perlu mengatasi rasa takut berangkat ke sekolah secara bersama-sama. Dalam hal ini, orang tua berperan sebagai pendukung yang harus memahami dan bersikap empati terhadap kondisi anak.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab rasa takut tersebut. Tanyakanlah hal ini kepada anak tanpa bersikap mengintimidasi atau menyalahkan. Selanjutnya, carilah solusi yang paling memungkinkan untuk dilakukan, misalnya dengan menghubungi pihak sekolah atau mendaftarkan anak ikut les pelajaran di luar sekolah.

Orang tua juga perlu melindungi anak jika ia takut karena hal-hal yang bersifat kekerasan. Jika perlu, telusurilah dengan saksama akar masalah tersebut. Mintalah bantuan dari pihak berwajib jika masalah ini sudah mengancam keselamatan anak. Kemudian, kembali pertimbangkan sekolah yang tepat untuk anak.

Cara-cara yang nyata ini akan memecahkan persoalan ketakutan anak untuk berangkat ke sekolah. Dengan demikian, ia pun kembali belajar dengan tenang tanpa gangguan dan berprestasi di sekolah.

Baca juga: Anak Mogok Sekolah, Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya.