31 Januari 2019, 09:29:59 WIB
Kiat Supaya Anak Kembali Bersemangat ke Sekolah

Salah satu penyebab anak kurang bersemangat sekolah adalah metode pembelajaran di ruang kelas yang kurang menarik atau cenderung membosankan. Bisa juga materi pelajaran sudah ideal, tetapi cara guru mengajar belum optimal. Akibatnya, anak merasa malas untuk berangkat ke sekolah tiap hari.

Kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Orang tua perlu mencari cara supaya anak dapat kembali bersekolah dengan penuh semangat, bukan karena paksaan. Pasalnya, prestasi anak dapat terpengaruh jika motivasi belajarnya kurang maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak kurang bersemangat sekolah.

1. Memiliki Waktu yang Cukup Bersama Keluarga

Anak kurang bersemangat untuk kembali bersekolah bisa jadi karena ia sangat menikmati kebersamaan dengan keluarganya. Ia merasa nyaman berada di tengah orang tua atau saudara-saudaranya sehingga tidak merasa nyaman jika di luar lingkup tersebut.

Untuk mengatasinya, ajaklah anak untuk mengobrol dari hati ke hati. Sampaikan penegasan bahwa Anda juga senang menghabiskan waktu dengannya. Namun, ia harus bersekolah supaya dapat belajar dengan baik dan mencapai cita-citanya. Dengan pernyataan ini, anak akan tenang karena tidak merasa diabaikan.

2. Menyiapkan Bekal yang Istimewa

Meskipun bukan yang utama, bekal yang dibawa ke sekolah juga bisa menjadi salah satu faktor pendorong semangat anak. Sebelum berangkat, tunjukkan apa saja yang telah Anda persiapkan untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah.

Anak mungkin tidak pandai mengungkapkan perasaannya. Bisa jadi, ia bosan dengan menu yang itu-itu saja. Dengan ini, Anda harus pandai membaca situasi tersebut dan lakukan variasi terhadap bekal yang dibawa ke sekolah.

3. Antarkan Anak ke Sekolah

Sebagian anak masih suka diantar ke sekolah oleh orang tua. Hal ini akan membuatnya lebih nyaman dan tenang. Jangan langsung menilai anak tidak mandiri atau manja. Pada momen tertentu, anak memang membutuhkan psikologis dari orang tua.

Anda bisa mengantar anak hingga pintu gerbang sekolah. Sampaikan juga bahwa selanjutnya para gurulah yang akan bertanggung jawab kepada anak setiba di area sekolah. Para guru akan menjadi orang tua kedua bagi anak sehingga ia tidak perlu segan melaporkan jika ada hal yang membuatnya tidak nyaman.

4. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan Anak

Tips lainnya adalah mempersiapkan perlengkapan sekolah yang dibutuhkan anak, mulai dari tas, buku tulis, dan alat-alat tulis. Pilihlah jenis perlengkapan yang sesuai dengan hobi anak, misalnya karakter kartun yang ia sukai. Dengan perlengkapan sekolah yang menarik hati, anak akan lebih termotivasi untuk belajar.

Hal yang terpenting bagi orang tua adalah memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak. Memberikan kasih sayang mampu membuat anak kembali bersemangat ke sekolah. Dengan ini, anak akan semakin percaya diri dan merasa dicintai oleh orang tuanya.

Baca juga: Memahami Penyebab Anak Takut Berangkat ke Sekolah.