22 Maret 2019, 10:24:46 WIB
Mengarahkan Anak yang Gemar Berbicara

Gemar berbicara bukanlah hal yang buruk yang harus ditegur, tetapi justru merupakan salah satu bentuk kecerdasan sehingga harus dikembangkan. Howard Gardner yang memperkenalkan teori kecerdasan majemuk menegaskan bahwa kemampuan berbicara adalah bentuk kecerdasan interpersonal.

Teori Kecerdasan Interpersonal

Berdasarkan teori kecerdasan interpersonal, individu yang cerdas adalah mereka yang mampu memahami serta bekerja sama dengan orang lain. Dalam pergaulan, orang-orang ini dapat dengan mudah berinteraksi dan mampu menempatkan diri secara luwes dalam percakapan. Itulah sebabnya mereka dapat membangun relasi yang efektif dengan orang lain.

Jelas sekali, tidak semua orang memiliki kemampuan ini. Tak heran jika kehadiran mereka sangat dibutuhkan dalam sebuah kelompok atau komunitas. Bahkan, orang-orang ini ahli dan terlatih untuk mempertahankan relasi sehingga sering ditunjuk sebagai penengah atau juru bicara pada suatu kejadian.

Mengarahkan Anak

Apabila anak suka berbicara, apa saja hal yang bisa dilakukan oleh orang tua? Setelah mengenali kemampuan ini sebagai bentuk kecerdasan, orang tua tentu perlu mengarahkan minat anak. Ada beberapa potensi pengembangan profesi yang cocok bagi anak, antara lain:

1. Berkarier di Bidang Humas

Keahlian berkomunikasi sangat dibutuhkan oleh mereka yang berkarier di bidang humas (hubungan masyarakat). Pasalnya, orang-orang ini harus berinteraksi dengan banyak orang, terutama di luar perusahaan. Humas menjadi penyambung informasi dengan masyarakat luas sehingga perusahaan memiliki image yang positif.

2. Menjadi Psikolog

Mengarahkan minat anak gemar berbicara bisa dengan cara menanyakan cita-citanya. Anak mungkin tertarik melihat profesi tertentu meskipun belum memahami tugas dan tanggung jawabnya. Salah satu profesi yang membutuhkan keahlian berkomunikasi adalah psikolog. Dengan kecerdasan interpersonal ini, seseorang dapat dengan mudah meraih empati dan mengarahkannya untuk bercerita.

3. Menjadi MC (Master of Ceremony)

Anda juga bisa mengarahkan anak untuk menjadi seorang MC atau pembawa acara. Profesi ini membutuhkan kemampuan untuk public speaking. Profesi serupa lainnya adalah moderator atau pembaca acara nonformal. Dipandu oleh seorang yang cerdas secara interpersonal akan membuat acara berlangsung secara meriah dan tidak membosankan.

4. Menggeluti Profesi di Bidang Hukum

Pilihan profesi lainnya bagi seseorang yang suka berbicara di depan umum adalah menjadi pengacara. Berkarier di bidang hukum memang membutuhkan kemampuan untuk mengutarakan gagasan dan pandangan dengan tegas sekaligus luwes.

Cara Mengarahkan Minat Anak

Potensi pengembangan profesi untuk anak gemar berbicara memang sangat besar. Itulah sebabnya, orang tua perlu merancang hal ini sejak awal sekaligus bertugas mengembangkan potensi tersebut.

Untuk itu, hal yang perlu dilakukan untuk mengarahkan minat anak antara lain adalah memberikan kebebasan pada anak. Ajak pula anak untuk mengikuti kegiatan yang mendukung pengembangan potensi tersebut.

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak menjalani kegemarannya kelak ketika dewasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali dan mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya sejak dini.

Baca juga: Ayo Kenali Potensi Kecerdasan Interpersonal pada Anak.