29 Maret 2019, 08:40:04 WIB
Pentingnya Stimulasi Berhitung pada Anak

Bermain sangat penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Sambil bermain, anak dapat mempelajari berbagai hal di sekitarnya. Bermain sambil belajar lebih efektif dibandingkan cara belajar yang kaku dan terlalu formal. Demi menstimulasi anak, orang tua atau guru dapat mengajak anak untuk memainkan permainan tertentu.

Manfaat Stimulasi dengan Permainan

Stimulasi adalah dorongan atau rangsangan yang diberikan kepada anak untuk meningkatkan kemampuannya. Stimulasi berhitung, misalnya, bertujuan agar anak semakin lancar dan pandai berhitung. Jika anak belum menunjukkan rasa tertarik pada dunia hitung-menghitung, stimulasi diharapkan dapat mendorong anak untuk menyukai kegiatan berhitung.

Salah satu manfaat melakukan stimulasi dengan permainan adalah sebagai media anak untuk mempelajari berbagai hal yang belum ia ketahui. Selain itu, melakukan stimulasi dengan permainan dapat melatih anak untuk berkreasi dan berimajinasi.

Permainan yang Membutuhkan Kemampuan Berhitung

Untuk mendorong anak untuk mengembangkan kemampuan berhitung, dibutuhkan stimulasi yang tepat dalam bentuk permainan. Ada beberapa macam permainan yang membutuhkan kemampuan berhitung, antara lain sebagai berikut.

1. Bermain Mengenal Pola

Salah satu permainan yang bisa Anda gunakan sebagai bentuk stimulasi adalah mengenalkan pola. Dalam matematika, pola merupakan hal yang sangat penting. Berdasarkan pengetahuan akan pola, anak dapat belajar mengasah logika. Ia juga bisa memprediksi apa yang akan terjadi melalui analisis terhadap pola tersebut.

Supaya semakin menantang, gunakan bentuk-bentuk dan warna-warna yang berbeda, misalnya segitiga merah, bujur sangkar hijau, lingkaran kuning, dan sebagainya. Susunlah bentuk dan warna ini secara acak dan ajak anak untuk melanjutkan.

2. Bermain Mengenal Tahapan

Permainan selanjutnya adalah mengenalkan tahapan atau urutan suatu kejadian. Dengan permainan ini, anak dapat belajar berpikir secara runtut berdasarkan pola sebab akibat. Sebelumnya, mintalah anak mengungkapkan sebuah cerita imajinatif. Lalu, gunakan balok-balok yang tersedia untuk mewakili tahapan tersebut. Permainan ini akan menolong anak mengenal tahapan yang terjadi dalam ilmu pasti.

3. Bermain Mengenal Hubungan

Stimulasi berhitung pada anak juga dapat dilakukan melalui permainan seperti puzzle, rubik, dan permainan lain yang mendorong anak untuk memindahkan atau mengatur letak sebuah benda. Dalam permainan ini, anak diminta untuk mengetahui hubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya.

4. Bermain Jual Beli

Jika anak suka bermain peran, salah satu permainan yang menarik adalah tentang jual beli. Buatlah sebuah cerita singkat mengenai peran sebagai penjual dan pembeli. Kemudian, lakukan beberapa transaksi sederhana. Dalam permainan ini, anak akan belajar untuk berhitung. Jangan lupa, buat atau beli benda-benda miniatur sesuai cerita yang dibangun sehingga membuat permainan semakin seru.