06 April 2019, 08:45:44 WIB
5 Tempat Wisata Edukatif Bertema Alam yang Layak Dikunjungi

Wisata edukatif bertema alam adalah kegiatan berwisata ke tempat-tempat bernuansa alam sambil belajar. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari alam, terutama yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam. Setelah berkenalan langsung dengan alam, anak diharapkan dapat lebih mencintai lingkungan dan berusaha untuk merawatnya. Ada 5 tempat wisata edukatif bertema alam yang layak dikunjungi, yaitu sebagai berikut.

1. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield berlokasi di Bogor, tepatnya Jl. Raya Tajur 291. Objek wisata edukatif yang satu ini memiliki moto, “Back to nature, no chemical, and friendly environment”. Kuntum Farmfield menawarkan sejumlah kegiatan edukatif yang berkaitan dengan alam, mulai dari bertanam dan memanen sayuran edukatif, menangkap ikan, dan berinteraksi dengan hewan.

Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda dapat mengajak anak pada akhir pekan. Kuntum Farmfield mulai dibuka pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

2. Jendela Alam

Jendela Alam merupakan tempat bermain sambil belajar bagi anak. Objek wisata ini terletak di kawasan Lembang, tepatnya di Jl. Sersan Bajuri km 4,5, Ledeng. Pada akhir pekan, Jendela Alam mulai dibuka pada pukul 09.00 WIB dan ditutup pada pukul 16.00 WIB. Tempat ini juga bisa dikunjungi pada hari besar maupun hari libur.

Jendela alam menawarkan sejumlah kegiatan edukasi, mulai dari Tour Sahabat Alam, bercocok tanam secara konvensional, panen telur, panen sayuran, membuat yoghurt, membuat telur asin, dan sebagainya.

3. Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata edukatif yang bisa dikunjungi anak jika sedang berlibur ke Yogyakarta adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Tempat wisata ini menyajikan beberapa aktivitas menarik, antara lain berkunjung ke peternakan kambing peranakan etawa, mengenal kelinci, hingga berinteraksi dengan aneka reptil.

Untuk mengunjungi tempat wisata edukatif ini, Anda bisa menuju ke Jl. Kaliurang km 20, tepatnya di belakang Balai Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman. Jam operasionalnya setiap hari adalah 08.00 – 17.00 WIB.

4. Tani Kota

Tempat wisata edukatif lainnya yang bisa dikunjungi adalah Tani Kota. Objek wisata yang berlokasi di Bandung ini sangat cocok untuk anak-anak. Letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Cisitu Indah VI, Dago. Seperti namanya, di sini anak akan diperkenalkan dengan metode bertani di perkotaan.

5. Kusuma Agrowisata

Anda juga bisa mengajak anak untuk berlibur sambil belajar di Kusuma Agrowisata, Jl. Abdul Gani Atas, Batu Malang. Di tempat ini tersedia sarana outbond, wisata petik apel, serta berbagai wahana lain yang menarik untuk dicoba. Pemandu akan menjelaskan seputar tanaman yang tumbuh di kawasan ini sehingga anak memperoleh pengalaman dan pengetahuan.