09 April 2019, 08:56:58 WIB
Wisata Sejarah yang Layak Dikunjungi Bersama Anak

Berlibur bersama anak merupakan salah satu cara untuk membangun kebersamaan dalam keluarga. Melalui kegiatan ini, orang tua pun dapat mempererat hubungan yang berkualitas dengan anak. Namun, berlibur tidak hanya untuk bersenang-senang. Momen ini juga bisa menjadi salah satu kesempatan untuk belajar bagi anak.

Liburan sambil belajar bisa dilakukan di berbagai objek wisata edukatif yang saat ini semakin banyak. Tempat-tempat tersebut menawarkan pengalaman seru bagi anak sekaligus pengetahuan baru yang perlu anak ketahui. Ada tempat wisata edukatif bertema alam, kebudayaan, sains, maupun sejarah. Berikut adalah 5 tempat wisata edukatif bertema sejarah yang layak dikunjungi.

1. Museum Sandi

Apakah Anda pernah mendengar nama Museum Sandi? Ini adalah salah satu museum di Yogyakarta yang menyimpan koleksi bersejarah seperti sandi, kode, dan berbagai replika. Museum ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari.

Di museum ini, anak dapat belajar seluk-beluk kriptografi. Ada pula sejumlah diorama yang menggambarkan situasi pada zaman kemerdekaan. Berbagai benda seperti buku sandi dan perlengkapan lain yang digunakan oleh prajurit kemerdekaan pada masa itu juga masih tersimpan rapi di tempat ini.

2. Taman Sejarah Bandung

Salah satu tempat wisata di Bandung yang bertema sejarah adalah Taman Sejarah Bandung. Tempat ini dibangun untuk memberikan edukasi sejarah kepada para pengunjung, termasuk anak-anak. Pada area outdoor, para pengunjung dapat melihat sejumlah foto tokoh bersejarah di Bandung yang terukir pada kaca akrilik.

Selain pengetahuan sejarah, tempat ini juga didesain dengan indah, lengkap dengan kolam kecil. Lukisan mural di dinding membuat suasana di taman ini semakin artistik. Jadi, selain belajar sejarah, para pengunjung juga dapat bersantai sambil berburu foto.

3. Tugu Pahlawan

Anda juga dapat mengajak anak untuk berkunjung ke Tugu Pahlawan di Surabaya. Tempat ini merupakan monumen untuk memperingati peristiwa pertempuran besar yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya.

Namun, tempat ini bukan hanya terdiri atas bangunan monumen. Ada juga museum yang terletak di bawah tanah sedalam 7 meter. Museum ini memiliki sejumlah koleksi sejarah yang sangat penting. Terletak di pusat kota, Tugu Pahlawan sangat mudah dijangkau.

4. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia atau dikenal sebagai Museum Gajah terletak di Jl. Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat. Di dalamnya terdapat sejumlah koleksi sejarah, arkeologi, geografi, dan etnografi.

Tempat ini merupakan sebuah museum terbesar dan pertama di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Anda dapat mengajak anak untuk melihat-lihat koleksi yang tersimpan atau pun menonton pertunjukan tarian maupun pentas dongeng.

5. Museum Bahari

Tempat wisata lain yang bertema edukatif sejarah adalah Museum Bahari. Objek wisata ini menawarkan sejumlah koleksi menarik berupa perahu tradisional, kapal modern, dan berbagai perlengkapan yang menunjang kegiatan melaut pada zaman dahulu. Ada pula data dan koleksi biota laut yang tersebar di seluruh perairan Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Budaya yang Layak Dikunjungi.