25 April 2019, 08:42:26 WIB
4 Hal Penting dalam Pelaksanaan PPDB SD 2019

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan aktivitas rutin di dunia pendidikan tiap menjelang tahun ajaran baru. Khusus untuk sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah, PPDB biasanya dilakukan pada Mei tiap tahun.

Oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, aturan mengenai PPDB SD 2019 dan tingkat pendidikan lain telah diatur dalam Peraturan Menteri No. 51 Tahun 2018. Dalam aturan PPDB SD 2019 tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh orang tua, antara lain sebagai berikut.

1. Tahap Pelaksanaan PPDB

Ada beberapa tahap yang akan dilakukan dalam pelaksanaan PPDB. Pertama, tahap pengumuman pendaftaran penerimaan calon peserta didik baru pada sekolah yang bersangkutan. Tahap ini harus dilakukan secara terbuka. Pengumuman juga harus memuat informasi lengkap mengenai pelaksanaan PPDB. Kedua, tahap pendaftaran. Ketiga, tahap seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran. Keempat, tahap pengumuman penetapan peserta didik baru. Kelima, tahap daftar ulang.

2. Persyaratan Calon Peserta Didik Sekolah Dasar (SD)

Ada pun persyaratan calon peserta didik baru di kelas 1 SD adalah telah berusia 7 (tujuh) tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Tiap sekolah wajib menerima calon peserta didik yang telah berusia 7 (tujuh) tahun.

Apabila calon peserta didik memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa serta kesiapan psikis (hal ini dibuktikan oleh psikolog profesional), aturan syarat usia menjadi 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli. Rekomendasi ini juga dapat diberikan oleh dewan guru sekolah.

3. Seleksi PPDB

Seleksi calon peserta didik baru kelas 1 SD hanya dapat melalui jalur zonasi dan jalur perpindahan orang tua/wali siswa. Urutan prioritas pada seleksi adalah syarat usia calon siswa, kemudian jarak tempat tinggal siswa ke sekolah atau zonasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Dengan menggunakan urutan prioritas ini, siswa yang memiliki usia yang sama selanjutnya akan diseleksi melalui jarak tempat tinggalnya. Tiap sekolah diwajibkan untuk menerima semua calon peserta didik yang berusia 7 tahun di dalam zonasi yang telah ditetapkan.

4. Biaya Pelaksanaan PPDB

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan PPDB pada sekolah yang menerima bantuan operasional sekolah tidak dipungut biaya. Tahap pendataan ulang juga tidak berbayar alias gratis. Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dilarang untuk melakukan pungutan terkait dengan pelaksanaan PPDB atau untuk membeli seragam dan buku tertentu.

Bagi Anda yang ingin mendaftarkan anak di jenjang sekolah yang baru, ketahui terlebih dahulu jadwal PPDB SD 2019 beserta aturan-aturan yang berlaku.