06 Mei 2019, 08:45:39 WIB
Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak tumbuh dengan sehat dan cerdas. Oleh karena itu, berbagai cara diupayakan supaya anak memperoleh dukungan penuh untuk melewati proses pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu dukungan yang dapat diberikan orang tua adalah memenuhi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan anak melalui menu makanan yang disantap setiap hari.

Setiap jenis makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Orang tua perlu jeli memperhatikan makanan yang sesuai untuk kebutuhan anak berdasarkan kandungannya. Khusus untuk mendukung perkembangan otak anak secara optimal, ada sejumlah jenis makanan yang dianggap memiliki peran yang sangat penting, antara lain sebagai berikut.

1. Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Pasalnya, kandungan asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan ini sangat baik untuk perkembangan kognitif anak. Kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan daya ingat anak.

Kebutuhan anak akan asam lemak Omega 3 tiap hari adalah sekitar 1,2 gram. Sementara itu, tiap 100 gram salmon mengandung hingga 2,2 gram Omega 3. Selain salmon, ada banyak jenis ikan lain yang juga mengandung nutrisi penting ini.

2. Telur

Nutrisi untuk anak yang tak kalah penting dapat berasal dari telur. Kolin, salah satu kandungan yang terdapat di dalam telur, berguna untuk membantu mengembangkan daya ingat anak. Telur juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi. Anak yang dapat berkonsentrasi dengan baik akan memiliki kemampuan untuk belajar dengan lebih efektif.

3. Daging Ayam dan Sapi

Jenis makanan lain yang cocok dikonsumsi oleh anak adalah daging ayam atau sapi. Daging mengandung banyak triptofan yang bertugas untuk menjaga level serotonin di dalam otak. Kandungan lain yang juga bisa dijumpai pada daging unggas dan sapi adalah asam amino.

Selain itu, sumber makanan ini mengandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi anak. Kebutuhan zat besi pada anak adalah 3-10 mg per hari, sedangkan kandungan zat besi di dalam daging sapi mencapai 4,105 mg.

4. Sayur-sayuran dan Buah-buahan

Tahukah Anda bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan juga merupakan salah satu sumber nutrisi perkembangan otak anak yang sangat penting. Sayuran brokoli, misalnya, merupakan pemasok vitamin K yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin K yang terdapat pada brokoli dan sayuran lain dapat meningkatkan fungsi otak anak secara optimal.

Masih ada sejumlah jenis makanan lain yang dianggap baik untuk perkembangan otak anak. Akan sangat baik jika tiap makanan tersebut dikonsumsi dengan jumlah dan kombinasi yang seimbang. Dengan memilih menu yang tepat sejak dini, orang tua telah mempersiapkan anak untuk menghadapi masa dewasanya kelak.