08 Mei 2019, 09:13:42 WIB
Anak Mudah Sakit, Pilih Menu Makanan yang Tepat

Tiap orang tua pasti menginginkan anak selalu dalam kondisi yang sehat. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan supaya anak tidak mudah sakit. Ada dua faktor utama yang menyebabkan anak menjadi sakit, antara lain kondisi eksternal (cuaca, lingkungan) dan kondisi tubuh anak itu sendiri.

Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap kesehatan anak adalah menu makanan yang dikonsumsinya tiap hari. Makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi dapat menjaga daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit. Itulah sebabnya orang tua perlu cermat memilih nutrisi untuk anak. Berikut beberapa jenis makanan tersebut.

1. Sup

Salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi untuk anak yang mudah sakit adalah sup, misalnya sup daging. Pada umumnya, sup dapat dibuat dengan berbagai bahan makanan yang mengandung banyak manfaat. Anda dapat memasukkan sayur-sayuran seperti brokoli, sawi, dan wortel di dalamnya. Selain itu, ada pula kaldu dari daging.

Disajikan dengan hangat, sup dapat memberikan rasa nyaman pada penderita flu. Begitu pula jika cuaca dalam kondisi dingin, menyantap semangkuk sup yang lezat akan menyegarkan tubuh.

2. Ikan

Jenis makanan yang baik untuk anak adalah ikan. Di dalam ikan, ada nutrisi penting bagi anak yaitu Omega 3. Selain berguna untuk otak, Omega 3 ternyata penting dalam menjaga kekebalan tubuh anak. Bersama dengan kandungan vitamin A, C, E, D, dan Zinc, Omega-3 dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan T-sel yang bertugas melawan penyakit.

Sebaiknya, ikan tidak digoreng karena kandungan Omega 3 di dalamnya bisa rusak. Jadi, Anda bisa memilih metode memasak lain, misalnya mengukus atau membuat sup ikan.

3. Jeruk

Anda juga dapat memberikan jeruk kepada anak untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Buah jeruk mengandung vitamin C yang banyak. Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi sel darah putih. Apabila sel darah putih kurang banyak, imunitas tubuh biasanya rendah.

Ada beragam jenis jeruk, antara lain jeruk citrus, jeruk bali, lemon, atau jeruk nipis. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk minuman atau sebagai bahan tambahan untuk menu makanan lain.

4. Madu

Madu juga penting sebagai nutrisi bagi anak yang mudah sakit. Madu memiliki sifat antibiotik yang kuat sehingga sering digunakan sebagai obat untuk mencegah infeksi. Kandungan madu sebagian besar adalah fruktosa dan glukosa, sementara sebagian kecil adalah air. Madu akan menyerap air dari bakteri sehingga akhirnya tidak bisa hidup.

Dengan kemampuan tersebut, tak heran jika madu sangat baik untuk kesehatan. Untuk anak yang rentan mengalami sakit karena kondisi tubuh lemah, madu dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Anak yang sering sakit akan terganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk menjaga daya tahan tubuh anak salah satunya melalui makanan.

Baca juga: Mengenal Nutrisi yang Tepat untuk Perkembangan Fisik Anak.