09 Mei 2019, 09:04:18 WIB
Lawan Anemia pada Anak dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Anemia adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan darah, asupan makanan yang minim zat besi, serta gagalnya tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan.

Anemia tidak boleh dipandang sepele. Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan kurangnya pasokan oksigen di dalam tubuh. Padahal, oksigen merupakan hal yang sangat penting. Ada beberapa ciri terjadinya anemia pada anak, yaitu merasa cepat lelah dan lemah, warna kulit cenderung pucat, merasa sesak nafas, dan sering mengalami infeksi.

Anemia dapat disembuhkan. Namun, komplikasi yang timbul karena masalah ini dapat bersifat permanen. Oleh karena itu, memberikan suplemen zat besi pada anak sejak dini sangat penting. Dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, ada beberapa jenis yang mengandung nutrisi untuk anak yang terkena anemia, antara lain sebagai berikut.

1. Daging

Zat besi biasanya terdapat pada bahan makanan dari hewan yang mengandung banyak protein, misalnya daging. Daging dapat diolah dalam berbagai bentuk, mulai dari bakso atau menjadi sup. Untuk anak-anak, penyajian daging sebaiknya dalam bentuk yang mudah dicerna.

2. Sayuran Berwarna Gelap

Bahan makanan yang mengandung banyak zat besi adalah sayuran berwarna gelap, seperti brokoli, bayam, kale, dan sebagainya. Itulah sebabnya anak sebaiknya selalu diajak untuk mengonsumsi sajian sayur saat makan.

3. Buah Berwarna Merah

Buah-buahan yang mengandung zat besi tinggi antara lain tomat, strawberry, atau apel. Jenis buah-buahan ini dapat dikonsumsi langsung atau dicampurkan pada menu makanan lain. Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus yang lezat.

4. Kacang-Kacangan

Menu lainnya sebagai nutrisi untuk anak adalah dari bahan kacang-kacangan atau polong-polongan, misalnya kacang kedelai, kacang hitam, atau biji wijen. Bahan ini dapat diolah menjadi beberapa menu yang sederhana tetapi enak.

5. Sereal

Sereal juga dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin mendongkrak asupan zat besi dalam tubuh. Makanan ini mudah dicerna, penyajiannya pun praktis, serta cenderung disukai oleh anak-anak.

6. Seafood

Ternyata, ada pula jenis makanan hasil laut yang mengandung zat besi tinggi, antara lain kerang dan tiram. Dalam 100 gram kerang, ada sekitar 28 mg zat besi.

Sering kali anak mungkin akan enggan untuk mengonsumsinya jika tidak diolah menjadi jenis makanan yang menarik. Oleh karena itu, tugas orang tua adalah menyajikan santapan berisi bahan-bahan ini dengan kreatif.

Supaya penyerapan zat besi lebih optimal, setelah mengonsumsi berbagai jenis makanan ini, sebaiknya hindari meminum teh atau kopi. Jenis minuman ini dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh.

Baca juga: Anak Mudah Sakit, Pilih Menu Makanan yang Tepat.